Pages - Menu

Saturday, February 9, 2013

Api Yunani

Bacaan: Yakobus 3:1-12
"Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita.." (Yakobus 3:6).

Api Yunani adalah suatu larutan kimia yang digunakan oleh kekaisaran Romawi Timur dalam peperangan kuno melawan musuh-musuh mereka. Menurut salah satu sumber online, senjata kimia ini dikembangkan sekitar tahun 672 Masehi dan memiliki dampak yang sangat merusak, khususnya dalam pertempuran di laut, karena api ini dapat terbakar di air. Apa sebenarnya api Yunani ini? Komposisi kimia yang terkandung di dalamnya masih merupakan suatu misteri. Api Yunani merupakan suatu senjata militer yang begitu berharga sehingga formulanya dirahasiakan sedemikian ketat - hingga akhirnya hilang ditelan sejarah. Kini para peneliti masih berusaha meniru pembuatan formula kuno itu, tetapi sejauh ini belum berhasil.
Namun salah satu sumber kehancuran besar di antara orang percaya di dalam Kristus bukanlah suatu misteri. Yakobus memberitahukan kepada kita bahwa kerusakan hubungan kita dengan sesama seringkali bersumber dari suatu jenis api yang berbeda. Ia menuliskan, "Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh." (Yakobus 3:6). Perkataan yang keras ini mengingatkan kita betapa besarnya kerusakan yang dapat timbul dari perkataan kita yang tak terkendali terhadap orang-orang di sekitar kita.
Daripada menciptakan suatu "api Yunani" berupa perkataan yang dapat menghancurkan hubungan dengan sesama, keluarga, dan gereja, marilah kita serahkan lidah kita di bawah kendali Roh Kudus dan menggunakan kata-kata kita untuk memuliakan Allah.

Tuhan, terkadang musuh terbesar kami adalah diri kami sendiri. Ampuni kami karena perkataan kami menyakiti saudara seiman kami, dan ajari kami untuk memakai kata-kata yang bijaksana, yang dapat menguatkan dan membangun hidup mereka bersamaMu.

Untuk mengekang lidah anda, serahkanlah kendali hati anda kepada Allah.


Dikutip dari "Santapan Rohani - RBC Indonesia" edisi 10 Februari 2013.
Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate