Pages - Menu

Wednesday, February 6, 2013

Melalui Perbuatan

Bacaan: Matius 23:23-31
"Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya." (Amsal 20:11)

Suatu malam, ketika seorang pendeta sedang berjalan menuju gereja, seorang penjahat menodongkan senjata ke arahnya dan meminta uang atau nyawanya akan melayang. Ketika pendeta itu merogoh kantongnya untuk mengambil domper, penodong itu melihat kerah baju pendeta itu dan berkata, "Ternyata kau seorang pendeta. Baiklah, kau boleh pergi." Sang pendeta terkejut karena ia tak menduga penodong itu  akan mengasihaninya. Ia lalu menawarkan sebutir permen. Namun penodong itu berkata, "Tidak, terima kasih. Aku puasa makan permen pada masa pra-Paskah."
Sikap si penodong yang berpuasa makan permen pada masa pra-Paskah dianggapnya sebagai suatu pengorbanan, tetapi perbuatannya menodong orang lain menunjukkan watak pria itu yang sesungguhnya! Menurut penulis kitab amsal, perbuatan merupakan bukti terbaik dari watak seseorang. Jika seseorang berkata bahwa ia adalah orang yang saleh, itu hanya dapat dibuktikan dari perbuatan yang konsisten dengan perkataannya (Amsal 20:11). Ini juga berlaku bagi para pemimpin agama pada masa Yesus hidup. Dia menegur kaum Farisi dan menyingkap kemunafikan mereka, karena mereka mengaku hidup saleh, tetapi mengingkari sendiri pengakuan itu dengan hidup penuh dosa (Matius 23:13-36). Penampilan dan perkataan dapat menipu; tingkah laku merupakan cara terbaik untuk mengukur watal seseorang. Ini berlaku bagi kita semua.
Sebagai pengikut Yesus, kita menunjukkan kasih kita kepadaNya melalui perbuatan kita, bukan melalui perkataan semata. Kiranya pengabdian kita kepada Allah, karena kasihNya kepada kita, terlihat nyata dalam perbuatan kita sehari-hari.

Kata-kata rohani hanya menjadi sandungan jika tak didukung oleh sikap saleh kita. Sebaik dan sebagus apa pun keyakinan kita, tak berarti tanpa perbuatan yang menghormati Allah.

Tingkah laku adalah bukti terbaik dari watak seseorang.


Dikutip dari "Santapan Rohani - RBC Indonesia" edisi 6 Februari 2013.
Tuhan Yesus memberkati


No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate