Pages - Menu

Sunday, February 3, 2013

Menikmati Rasa

Bacaan: Nehemia 8:1-13
"Maka pergilah semua orang itu untuk makan dan minum...dan berpesta ria..." (Nehemia 8:13).

Di tengah dunia yang bergerak semakin cepat ini, tidak banyak orang yang masih meluangkan waktu untuk menikmati makan bersama teman-teman dengan santai. Ada yang bahkan mengatakan bahwa di masa kini satu-satunya cara untuk menikmati tujuh jenis hidangan yang biasanya disajikan satu per satu adalah dengan mengemas semuanya dalam sebuah roti isi!
Setelah banyak orang Israel yang dibuang ke Babel kembali ke Yerusalem untuk membangun kembali Bait Suci dan tembok kota, mereka berkumpul untuk mendengar Ezra membacakan Kitab Taurat yang diberikan Allah melalui Musa (Nehemia 8:2). Mereka mendengarkan firman Allah selama berjam-jam, sementara para guru memberi "keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti" (ayat 9).
Ketika rakyat itu menangis karena teringat pada kegagalan-kegagalan mereka, Ezra, bersama Nehemia sang kepada daerah, memberitahukan kepada mereka bahwa ini bukanlah saat untuk berdukacita, melainkan waktu untuk bersukacita. Bangsa itu diminta untuk menyiapkan suatu pesta dan merayakannya bersama dengan orang-orang yang berkekurangan, "sebab sukacita karena Tuhan itulah perlindunganmu" (ayat 11). Lalu "pergilah semua orang itu untuk makan dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka" (ayat 13).
Sajian rohani yang telah Allah siapkan bagi kita dalam firmanNya menjadi alasan bagi kita untuk bersukacita. Nikmatilah! Anda tidak akan menyesal!

Tuhan, beri kami rasa lapar dan dahaga untuk lebih mengenalMu yang hanya bisa dipuaskan dengan jalan menyediakan waktu bersamaMu dalam firmanMu. Tolong kami menikmati waktu itu, agar kami semakin bertumbuh dalam kasih kepadaMu setiap hari.

Kristus, Sang Roti Hidup, memuaskan rasa lapar rohani kita melalui firmanNya yang hidup.


Dikutip dari "Santapan Rohani - RBC Indonesia" edisi 3 Februari 2013.
Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate