Pages - Menu

Wednesday, February 13, 2013

Merasa Dinomorduakan?

Bacaan: Kejadian 29:16-30
"...oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." (Roma 5:8)

Lea pasti telah terjaga semalaman memikirkan apa yang akan terjadi jika suami barunya terbangun. Ia tahu bahwa bukan wajahnya yang diharapkan akan dipandang Yakub, melainkan wajah Rahel. Yakub telah menjadi korban tipu daya, dan ketika menyadari bahwa ia terjerat oleh perjanjian palsu, Yakub segera mengikat perjanjian baru dengan Laban untuk mendapatkan wanita yang telah dijanjikan kepadanya (Kejadian 29:25-27).
Apakah anda pernah merasa tidak dianggap atau dinomorduakan? Lea merasa demikian. Hal ini terlihat dari nama-nama yang dipilih Lea untuk ketiga anaknya yang pertama (ayat 31-35). Ruben artinya "Perhatikan, Seorang anak laki-laki"; Simeon artinya "Didengar"; dan Lewi artinya "Lebih erat". Nama-nama mereka merupakan suatu permainan kata yang mengindikasikan kurangnya cinta dari Yakub yang dirasakan Lea. Setiap anak laki-lakinya lahir, Lea sangat berharap akan lebih dicintai dan mendapat kasih sayang dari Yakub. Namun perlahan sikap Lea berubah, dan ia menamai anak keempatnya Yehuda, yang artinya "Beryukur" (ayat 35). Meski merasa tidak dikasihi oleh suaminya, sekarang Lea menyadari bahwa ia sangat dikasihi oleh Allah.
Kita takkan pernah dapat "memperoleh" kasih Allah dengan usaha kita, karena kasihNya tidak bergantung pada apa yang kita perbuat. Sesungguhnya, Alkitab menyatakan bahwa "Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa" (Roma 5:8). Di mata Allah, kita begitu berharga untuk menerima yang terbaik dari apa yang dapat Dia berikan, yakni AnakNya yang tunggal.

Kasih membuat Sang Juruselamat mati gantiku. Mengapa Dia sedemikian mengasihiku? Dia rela digiring ke salib Kalvari. Mengapa Dia sedemikian mengasihiku?

Tiada yang lebih jelas mengungkapkan kasih Allah daripada salib Kristus.


Dikutip dari "Santapan Rohani - RBC Indonesia" edisi 14 Februari 2013.
Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate