Pages - Menu

Tuesday, February 19, 2013

Rekapitulasi Ulang

Bacaan: Amsal 3:1-8
"Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." - Amsal 3:6

"Jangan khawatir. Aku pasti tahu arah tujuan kita," kata saya kepada penumpang. Lalu terdengar suara yang mirip suara manusia membocorkan informasi berulang-ulang dengan berkata: "Rekapitulasi ulang." Sekarang semua orang tahu jika saya tersesat!
Zaman ini, berjuta-juta pengemudi pasti mengenal kata-kata itu atau kata-kata lain yang sejenis sebagai tanda bahwa mereka sudah salah arah atau lupa berbelok. Alat navigasi GPS tidak hanya tahu kapan si pengemudi itu salah arah, tetapi juga secara otomatis segera merencakan arah perjalanan yang baru untuk kembali ke jalur yang benar.
Terkadang para pengikut Yesus perlu mendapatkan bantuan untuk kembali ke jalur yang benar dalam kerohanian mereka. Kita mungkin dengan sengaja keluar jalur karena kita merasa paling tahun atau kita pelan-pelan menyimpang. Kita tidak menyadari jika kita bergerak semakin jauh dari jalan yang Allah kehendaki bagi kita.
Namun Allah tidak membiarkan kita tersesat sendirian. Dia telah memberikan Roh Kudus kepada semua orang percaya (Yohanes 14:16-17; 1 Korintus 3:16), yang menyadarkan kita atas dosa (Yohanes 16:8, 13). Ketika kita salah arah, Dia membunyikan nada peringatan dan menghentak kesadaran kita (Galatia 5:16-25). Kita bisa saja mengabaikan peringatan tersebut, tetapi jika kita melakukannya, kita sedang menjerumuskan diri sendiri (Yesaya 63:10; Galatia 6:8).
Betapa hati kita terhibur saat tahu bahwa Allah bekerja dalam hidup kita melalui karya Roh Kudus yang membantu kita dalam kelemahan kita (Roma 8:26-27). Dengan pertolongan dan tuntunan Allah, kita dapat terus melangkah di jalan yang menyenangkanNya.

Roh Kudus, kami hendak mendengar bisikanMu yang lembut dan jelas; Tolong kami mengenali suaraMu yang lirih agar kami rela mengikuti kehendak Allah.

Pertolongan itu selalu dekat, karena Roh penolong ada di dalam diri kita.

Dikutip dari "Santapan Rohani - RBC Indonesia" edisi 20 Februari 2013.
Tuhan Yesus memberkati!

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate