Pages - Menu

Sunday, February 10, 2013

Sikap Hati Saat Berdoa

Pagi ini firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Moesarif Haryawan berbicara tentang sikap hati saat berdoa.
Umat Tuhan tentunya menyadari pentingnya arti doa bagi kehidupan setiap orang percaya, walaupun tidak semuanya giat dan tekun berdoa dalam hidupnya. Doa merupakan cara kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan, bahkan dikatakan bahwa Tuhan tidak jauh, Ia hanya sejauh doa.
Khotbah pagi ini dibuka dengan beberapa kisah di alkitab tentang tokoh-tokoh yang memiliki kehidupan doa yang luar biasa, seperti halnya raja daud dan yosafat. Mereka yang senantiasa menyerahkan seluruh perkaranya kepada Tuhan dan percaya bahwa hanya Tuhan yang paling mampu menolong mereka.
Dalam khotbah pagi ini ada beberapa poin penting yang saya tangkap, yaitu bahwa dalam berdoa, sikap hati kita sangat menentukan.
Berikut ini beberapa hal yang harus kita miliki dalam kehidupan doa kita tersebut:
1. Kerendahan hati
Orang yang sombong akan direndahkan, tetapi yang rendah hati akan ditinggikan. Tuhan berkenan pada doa yang dinaikkan dengan kerendahan hati.
2. Iman
Setiap orang yang berdoa harus percaya bahwa Allah sanggup menjawab doanya itu, seberapa sulit atau "mustahil" hal tersebut untuk terwujud.
3. Ketenangan hati
Dalam berdoa, kita harus menguasai diri kita sepenuhnya, dan datang kepada Allah dengan ketenangan dan fokus padaNya, bukan pada masalah kita ataupun pada hal-hal lainnya.
4. Pasrah akan kehendak Tuhan
Tidak jarang orang berdoa dan memaksakan kehendaknya kepada Tuhan, tetapi semestinya kita berdoa dan memaksakan kehendak Tuhan yang terjadi bukan kehendak kita.
5. Pengampunan
Sebelum kita datang untuk berdoa, kita harus bertanya terlebih dahulu pada hati kita, apakah kita masih menyimpan kesalahan orang lain di dalam hati kita. Jika ya, maka kita harus segera membereskannya, karena Tuhan tidak akan berkenan pada doa kita apabila masih ada kepahitan dalam hati kita.

Semoga bisa menjadi perenungan bagi kita semua. Tuhan Yesus memberkati!

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate