Pages - Menu

Sunday, March 3, 2013

Orang Yang Baik


Baca: Roma 3:10-18

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah. —Efesus 2:8

“Jerry adalah orang yang baik,” kata pendeta yang melayani ibadah untuk mengenang mendiang Jerald Steven. “Jerry mencintai keluarganya. Ia setia kepada istrinya. Ia melayani negaranya sebagai seorang tentara. Ia seorang ayah dan kakek yang luar biasa. Ia seorang sahabat yang sangat baik.”

Di hadapan para sahabat dan keluarga yang berkumpul, pendeta tersebut selanjutnya mengatakan bahwa hidup Jerry yang begitu baik dan semua perbuatan baiknya tidaklah cukup untuk memberinya jaminan akan suatu tempat di surga. Bahkan Jerry sendiri pasti setuju dengan perkataan ini!

Jerry mempercayai perkataan Alkitab berikut: “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Rm. 3:23) dan “upah dosa ialah maut” (6:23). Tujuan akhir yang kekal dalam jalan hidup Jerry tidak ditentukan oleh sebaik apa pun ia telah menjalani hidupnya, tetapi sepenuhnya ditentukan oleh Yesus yang telah mati baginya untuk membayar upah dosa. Jerry percaya bahwa setiap orang harus secara pribadi menerima pemberian Allah yang diberikan dengan cuma-cuma, yaitu “hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (6:23).

Jerry memang orang yang baik, tetapi ia tidak akan pernah “cukup baik”. Demikian pula kita. Hanya karena kasih karunia, kita dapat diselamatkan oleh iman. Dan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan usaha kita sebagai manusia. Ini adalah “pemberian Allah” (Ef. 2:8).

“Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!” (2Kor. 9:15). —CHK

Sempurnalah karya Kristus bagi keselamatanku!
Usahaku tak menambah yang telah dilakukan-Nya;
Kini kusujud menyembah di kaki Tuanku,
Dan menghormati Putra Tunggal Sang Bapa. —Hess

Kita tidak diselamatkan oleh perbuatan baik, tetapi oleh karya Allah saja.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate