Pages - Menu

Tuesday, March 26, 2013

Terlalu Berat


Baca: Mazmur 32:1-6; Matius 11:28-30

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” —Matius 11:28

Ketika menyalakan mesin mobil di pagi subuh yang masih gelap, saya melihat lampu sabuk pengaman menyala di dasbor mobil. Saya memeriksa pintu mobil, lalu membuka dan menutupnya kembali. Saya memasang sabuk pengaman saya untuk mengujinya. Namun lampu sensor itu masih menyala. Kemudian, ketika menyadari yang terjadi, saya pun meraih dan mengangkat perlahan tas saya yang tergeletak di atas kursi penumpang. Lampu sensor itu padam.

Rupanya, berat tas besar saya yang berisi sebuah telepon genggam, tiga gulung uang koin, sebuah buku bersampul tebal, dan kotak makan siang itu setara dengan berat seorang anak kecil, dan itulah yang menyebabkan lampu sensor menyala!

Meski saya dapat mengosongkan sebuah tas jinjing dengan mudah, ada beban lain yang tidak begitu mudah untuk dilepaskan. Yang saya maksud adalah beban hidup yang dialami karena beratnya tekanan jiwa.

Beban yang memberatkan kita itu bisa jadi berupa rasa bersalah seperti yang mencengkeram pikiran Daud (Mzm. 32:1-6), rasa takut yang dialami Petrus (Mat. 26:20-35), atau keraguannya Tomas (Yoh. 20:24-29). Namun Yesus mengundang kita untuk membawa semua beban itu kepada-Nya: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat. 11:28).

Kita tidak diciptakan untuk menopang beban hidup kita sendirian. Ketika kita menyerahkan semua beban itu kepada Yesus yang ingin memikul beban kita (Mzm. 68:20; 1Ptr. 5:7), Dia akan mengganti seluruh beban itu dengan pengampunan, penyembuhan, dan pemulihan. Tidak ada beban yang terlalu berat bagi-Nya. —CHK

Tuhan, terima kasih karena kasih-Mu, Engkau telah memikul beban
kami. Di saat-saat yang sulit, tolong kami untuk menyerahkan beban-
beban tersebut ke dalam tangan-Mu yang kuat dan kiranya kami
menemukan kelegaan di dalam-Mu. Dalam nama Yesus, amin.

Bebankan kepada Tuhan apa yang menjadi bebanmu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate