Pages - Menu

Tuesday, April 9, 2013

Menjaga Citra Anda


Baca: Kolose 3:1-14

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. —Kolose 3:14

Sebuah ritel busana ternama mensyaratkan kepada pramuniaga mereka untuk berpakaian seperti para model iklan yang terpampang pada jendela tokonya. Praktek ini disebut sebagai “menjaga citra merek”. Pemikiran di balik praktek ini adalah para pembeli cenderung akan membeli pakaian karena ingin terlihat seperti orang-orang yang mereka lihat mengenakan pakaian itu.

Dalam budaya yang mementingkan kepuasan konsumen, amat mudah tergoda untuk berpikiran bahwa kita dapat “membeli” penerimaan dengan jalan memakai benda-benda yang juga dipakai orang tersohor. Pihak penjual hendak membuat kita percaya bahwa dengan terlihat cantik atau tampan, kita akan disukai orang lain.

Terkadang kita bahkan meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita dapat membawa orang menjadi pengikut Allah dengan cara membuat diri kita tampil menarik bagi dunia. Namun Alkitab dengan jelas menyatakan yang benar-benar penting bagi Allah. Dia menginginkan kita terlihat seperti Yesus dalam karakter kita. Dengan kata lain, Yesus menjadi “merek” kita, karena kita terus dijadikan serupa dengan gambaran-Nya (Rm. 8:29). Kita menarik orang lain kepada Kristus ketika kita mengenakan sifat-sifat-Nya, yang meliputi belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, kesabaran (Kol. 3:12), dan kasih sebagai yang terutama (ay.14).

Daripada memoles dan menjaga citra diri kita sendiri, kita perlu menjaga dan mencerminkan gambaran Allah, yang sedang terus disempurnakan di dalam kita melalui Kristus. —JAL

‘Ku mau serupa, Tuhan yang mulia,
Inilah doa harapanku.
Rela buangkan semua hartaku,
‘Tuk mendapatkan Yesus Kristus. —Chisholm
(Kidung Puji-Pujian Kristen, No. 291)

Salah satu peran Roh Kudus adalah membentuk keserupaan dengan Kristus di dalam diri kita.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate