Pages - Menu

Friday, April 5, 2013

Pengawasan Supernatural


Baca: Matius 6:1-6, 16-18

Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. —Matius 6:18

Tidak jauh dari rumah kami, pihak yang berwenang telah memasang seperangkat kamera untuk memotret pengemudi yang kedapatan melanggar lampu merah. Para pelanggar kemudian akan menerima surat tilang lewat pos bersama dengan “foto bukti peristiwa”, yang menjadi bukti nyata dari pelanggaran lalu lintas tersebut.

Terkadang saya membayangkan Allah berbuat seperti halnya yang dilakukan kamera itu—Dia ada di atas sana dan sedang menunggu saatnya untuk memergoki saya melakukan suatu kesalahan. Allah memang melihat dosa kita (Ibr. 4:13), tetapi Dia juga melihat dan menaruh perhatian pada perbuatan baik kita. Dengan pengawasan supernatural-Nya, Allah melihat nilai pengorbanan kita ketika kita mempersembahkan uang pada gereja atau kepada mereka yang membutuhkannya (Mrk. 12:41- 44). Dia mendengar doa-doa pribadi kita (Mat. 6:6). Dan ketika berpuasa, kita dapat terus melakukan kegiatan seperti biasa karena kita yakin bahwa “Bapa [kita] . . . melihat yang tersembunyi” (ay.18).

Ketika mengetahui bahwa Allah melihat segala sesuatu, kita pun bebas dari kekhawatiran terhadap pandangan orang lain. Ketika melakukan segala yang benar, kita tidak membutuhkan pujian dari orang yang melihatnya; sebaliknya, ketika berdosa, kita tidak perlu khawatir tentang reputasi kita, asalkan kita telah menyelesaikan masalahnya dengan Allah dan pihak-pihak yang kita rugikan. Kita dapat merasa tenang karena mengetahui bahwa “mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia” (2Taw. 16:9). —JBS

Tuhan, terima kasih karena Engkau melihat segalanya. Engkau tahu
segalanya yang kupikirkan dan kulakukan. Tolong aku untuk
menyenangkan hati-Mu dan hidup sesuai dengan standar-Mu,
apa pun yang dipikirkan orang lain.

Orang lain melihat apa yang kita lakukan, tetapi Allah melihat alasan kita melakukannya.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate