Pages - Menu

Sunday, June 23, 2013

Masalah Air

Baca: Roma 13:1-7

Sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. —Roma 13:1

Jemaat kami begitu bersemangat melihat dimulainya pembangunan ruang kebaktian baru di gereja kami. Tiap hari Minggu, dengan antusias kami memandangi lubang besar yang ada di tanah itu, tetapi perkembangan pembangunannya terasa begitu lambat.

Masalahnya ternyata soal air. Ada terlalu banyak air di satu tempat, sementara tidak cukup air di tempat lain. Sebuah mata air bawah tanah menjadi salah satu masalah. Pembangunan tak bisa dilanjutkan hingga para petugas inspeksi merasa yakin bahwa airnya bisa dialirkan keluar dari lokasi pembangunan. Sementara itu, pejabat kota berkata bahwa kami tak punya cukup air yang dialirkan ke dalam gedung untuk perangkat penyemprot air anti kebakaran sehingga perlu ada jalur aliran air baru yang ditambahkan. Tak seorang pun dari kami yang mau proyek ini terhambat karena peraturan ini, tetapi kami sadar bahwa jika peraturannya tidak ditaati, kami akan menghadapi banyak masalah serius di masa mendatang.

Terkadang kita menggerutu ketika menghadapi sikap pemerintah dan para pejabatnya. Namun rasa hormat yang tepat pada pihak yang berwenang juga berarti menghormati Allah. Walaupun Paulus juga menemui masalah dengan pihak pemerintah, ia menulis demikian, “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya (Rm. 13:1). Dan kemudian, “Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari [pihak yang berwenang]” (ay.3).

Ketika kita mengizinkan Roh Allah mengajar kita, kita dapat memiliki suatu sikap yang benar terhadap pemerintah. Sikap tersebut akan membawa kebaikan bagi kita, bagi kesaksian iman kita, dan yang terutama bagi kemuliaan Allah. —JDB

Terima kasih, Tuhan, untuk hak istimewa yang kami miliki
untuk melayani-Mu dengan jalan melayani orang lain.
Tolong kami untuk merasa puas di mana pun Engkau telah
menempatkan kami, sehingga Engkau bisa dimuliakan melalui kami.

Rasa hormat kepada pihak yang berwenang itu memuliakan Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate