Pages - Menu

Thursday, July 25, 2013

Dari Mana Hikmat Berasal?

Baca: Yakobus 3:13-17

Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah. —Yakobus 1:5

Hikmat merupakan keindahan dari kekudusan. Yakobus berkata bahwa hikmat itu masuk akal, fleksibel, penuh pengampunan, pendamai, penuh perhatian, suka mengunjungi, bersikap sopan, dan ramah. Hikmat itu rendah hati, terbuka, sederhana, lembut, dan murah hati (Yak. 3:17).

Dari mana hikmat berasal? Hikmat berasal dari surga (1:5). Charles Spurgeon menulis, “Hikmat adalah keindahan hidup yang hanya bisa dihasilkan karya Allah dalam diri kita.”

Kita perlu berulang kali bertanya pada diri kita: “Apa saya bertumbuh dalam hikmat?” Lagipula, kehidupan kita berjalan dinamis dan mau tidak mau kita pasti berubah. Kita bisa bertumbuh semakin bijak dan baik setiap harinya atau kita menjadi semakin bodoh dan bebal. Ke arah mana kita bertumbuh?

Tak ada kata terlambat untuk mulai bertumbuh dalam hikmat. Allah begitu mengasihi kita dengan kasih yang kuat dan dahsyat—kasih yang bisa melepaskan kita dari kebodohan diri sendiri jika kita rela berserah kepada-Nya. Kasih-Nya bisa mengubah manusia dengan watak yang tersulit menjadi satu pribadi yang luar biasa indahnya. Mungkin perubahan itu agak menyakitkan dan butuh waktu. Namun Allah tak pernah berhenti mengusahakan perubahan kita. Ketika kita meminta kepada Allah, hikmat-Nya akan bertumbuh di dalam diri kita dan mengalir keluar dengan sendirinya kepada mereka di sekitar kita.

Janji ini yang kita pegang, “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah,—yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit,—maka hal itu akan diberikan kepada-[mu]” (1:5). —DHR

Tuhan, tolong hapuskan kebodohan kami dan
arahkan hati kami pada hikmat yang hanya berasal
dari-Mu. Kini kami meminta-Mu untuk memakai dan
mengubah hidup kami menjadi serupa dengan-Mu.

Hikmat sejati berujung pangkal di dalam Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate