Pages - Menu

Wednesday, December 25, 2013

Christingles

Baca: 1 Yohanes 1:1-7

Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. —Yohanes 1:9

Di Republik Ceko dan di tempat-tempat lain, perayaan Natal melibatkan sesuatu yang disebut “Christingles”. Christingle merupakan sebuah jeruk yang melambangkan dunia dengan sebatang lilin yang ditempatkan di atasnya untuk melambangkan Kristus yang adalah Terang dunia. Pita merah pun dililitkan pada jeruk ini untuk melambangkan darah Yesus. Ada empat tusuk gigi dengan buah-buahan kering yang ditancapkan dengan menembus pita merah itu pada sisi-sisi dari jeruk tersebut, dan ini melambangkan segala buah yang ada di bumi.

Objek yang sederhana ini secara jelas menyatakan maksud di balik kedatangan Kristus—Dia datang untuk membawa terang ke dalam dunia yang gelap dan untuk menebus dunia yang telah rusak oleh dosa lewat pencurahan darah-Nya.

Dalam catatannya tentang kehidupan Kristus, Yohanes, sang murid, menyebut Yesus sebagai Terang dunia. Ia menulis demikian tentang Kristus: “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia” (Yoh. 1:9). Tidak hanya Kristus adalah Sang Terang yang datang untuk menembus kegelapan dunia kita, Dia juga adalah “Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia!” (ay.29).

Renungkanlah! Bayi dari Betlehem itu kemudian menjadi Kristus yang bangkit dan hidup, yang telah membebaskan kita dari dosa. Maka Yohanes pun mendorong kita untuk “hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang” (1Yoh. 1:7). Kiranya semua orang yang telah mengalami penebusan-Nya menemukan kedamaian di dalam Yesus ketika mereka hidup dalam terang-Nya. —WEC

Hai kota mungil Betlehem, betapa kau senyap;
Bintang di langit cemerlang melihat kau lelap.
Namun di lorong g’lapmu bersinar T’rang baka:
Harapanmu dan doamu kini terkabullah. —Brooks
(Kidung Jemaat, No. 94)

Bayi Kristus yang lahir itu datang untuk menjadi Terang dunia dan Anak domba Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate