Pages - Menu

Monday, December 9, 2013

Yang Baik Dan Yang Buruk

Baca: Yunus 4
Lalu atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak melampaui kepala Yunus untuk menaunginya . . .[lalu] datanglah seekor ulat, yang menggerek pohon jarak itu, sehingga layu. —Yunus 4:6-7
Kisah Nabi Yunus yang memberontak menunjukkan kepada kita bagaimana Allah rindu menggunakan baik berkat maupun ujian untuk menantang kita dan mengubah kita agar menjadi lebih baik. Lima kali dalam kitab Yunus disebutkan bahwa Tuhanlah yang merencanakan keadaan yang dialami Yunus—keadaan yang baik maupun yang buruk.
Dalam Yunus 1:4 dituliskan bahwa Tuhan mengirimkan badai. Dikatakan bahwa Dia “menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar.” Setelah awak kapal mengetahui bahwa Yunus menjadi penyebab dari badai tersebut, mereka membuangnya ke laut (1:15). Kemudian “atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus” supaya ia tidak tenggelam (1:17).
Kitab tersebut selanjutnya menceritakan bahwa “atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak” untuk menaungi Yunus (4:6). Kemudian kita melihat Allah mengirim seekor ulat untuk menghabiskan pohon tersebut, dan meniup angin yang panas, serta membiarkan sinar matahari yang seakan-akan menyakiti kepala Yunus (4:7-8). Serangkaian keadaan tersebut digunakan Allah untuk menyingkapkan sikap Yunus yang memberontak terhadap-Nya. Baru setelah penyingkapan itulah, Allah dapat menegur langsung masalah dalam hati Yunus.
Ketika kita menghadapi keadaan yang berbeda-beda, kita perlu mengingat bahwa Allah berdaulat atas berkat maupun masalah yang datang dalam hidup kita. Dia rindu menggunakan segala sesuatunya untuk membangun watak kita (Yak. 1:1-5). Dia menggunakan yang baik maupun yang buruk untuk mengubah diri kita dan membimbing kita dalam perjalanan hidup ini. —HDF
Sang Pencipta alam semesta
Tahu setiap kebutuhan manusia,
Dan memenuhi kebutuhan itu
Sesuai dengan rencana-Nya. —Crane
Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate