Pages - Menu

Tuesday, February 18, 2014

Membutuhkan Penolong

Komik-Strip-WarungSateKamu-20140218-Kopi-Asin
Cerita & Ilustrasi komik strip oleh Heri Kurniawan

Roh Allah, Penolong yang akan diutus Bapa atas nama-Ku, Dialah yang akan mengajar kalian segalanya. —Yohanes 14:26 BIS
Membutuhkan Penolong
Bagi sejumlah orang, istilah asisten atau penolong mengandung konotasi makna yang lebih rendah. Para asisten di kelas telah menolong para guru profesional dalam memberikan pelajaran. Asisten juga menolong para montir, tukang ledeng, dan pengacara dalam pekerjaan mereka. Karena tidak seterampil para pekerja profesional, para asisten ini mungkin dipandang sebelah mata. Namun kenyataannya, diperlukan keterlibatan setiap orang untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada.
Rasul Paulus memiliki banyak penolong di dalam tugas pelayanannya. Ia menuliskan nama-nama mereka dalam suratnya kepada jemaat di Roma (pasal 16). Secara khusus, ia menyebut nama Febe, seorang yang “telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepada [Paulus]” (ay.2). Priskila dan Akwila telah mempertaruhkan nyawa mereka untuk Paulus (ay.3-4). Paulus juga menyebutkan Maria, “yang telah bekerja keras untuk [jemaat di Roma]” (ay.6).
Menurut 1 Korintus 12:28, menolong atau melayani merupakan salah satu karunia rohani. Paulus memasukkannya dalam daftar karunia Roh Kudus yang diberikan kepada orang percaya dalam tubuh Kristus, yaitu gereja-Nya. Karunia untuk “melayani” sama dibutuhkannya seperti karunia-karunia lain yang ada di daftar tersebut.
Roh Kudus juga disebut “Penolong”. Yesus berkata, “Roh Allah, Penolong . . . akan mengajar kalian segalanya dan mengingatkan kalian akan semua yang sudah Kuberitahukan kepadamu.” (Yoh. 14:26 BIS).
Apa pun karunia yang diberikan Roh Kudus, Sang Penolong, kepada Anda, izinkanlah Dia memakai hidup Anda bagi hormat kemuliaan-Nya. —AMC
Ya Tuhan, terima kasih untuk karunia yang telah
Engkau berikan kepadaku sehingga aku bisa melayani
seluruh tubuh Kristus. Tolonglah aku untuk dengan setia
menggunakan karuniaku bagi kemuliaan-Mu.
Anda adalah bagian penting dari seluruh tubuh Kristus.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate