Pages - Menu

Friday, February 7, 2014

Siapakah Pahlawannya?

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga. —Matius 5:16
Siapakah Pahlawannya?
Ketika membaca kitab Hakim-Hakim dengan segala pertempuran dan tokohnya yang perkasa, bisa jadi kita merasa seperti sedang membaca komik tentang pahlawan super. Kita membaca tentang Debora, Barak, Gideon, dan Simson. Meskipun demikian, pada jajaran hakim-hakim (atau penyelamat) itu, kita juga menemukan nama Otniel.
Catatan tentang kehidupan Otniel amat singkat dan begitu terus terang (Hak. 3:7-11). Tidak ada drama. Tidak ada pula unjuk kekuatan. Namun yang kita lihat adalah perbuatan yang Allah lakukan melalui Otniel: “TUHAN membangkitkan seorang penyelamat” (ay.9), “Roh TUHAN menghinggapi dia” (ay.10), dan “TUHAN menyerahkan Kusyan- Risyataim, raja Aram, ke dalam tangan [Otniel]” (ay.10).
Catatan tentang Otniel membantu kita berfokus pada hal yang terpenting, yakni pekerjaan Allah. Kisah-kisah yang menarik dan para tokoh yang mengagumkan dapat mengaburkan nilai penting tersebut. Jika kita terlalu memusatkan perhatian pada hal-hal tersebut, bisa saja kita gagal untuk melihat apa yang sedang dilakukan Tuhan.
Ketika masih muda, saya pernah membayangkan andai saja saya lebih berbakat dalam banyak hal, saya akan dapat menuntun lebih banyak orang mengenal Kristus. Namun saya telah berfokus pada hal yang salah. Allah sering menggunakan orang-orang biasa untuk mengerjakan karya-karya-Nya yang luar biasa. Terang Allah yang bersinar melalui hidup kitalah yang memuliakan nama-Nya dan yang membuat orang-orang mau datang kepada-Nya (Mat. 5:16).
Ketika orang lain melihat hidup kita, adalah lebih penting mereka melihat Tuhan—bukan kita. —PFC
Kiranya firman Allah berdiam melimpah
Di dalam hatiku dari waktu ke waktu,
Sehingga semua bisa melihat kemenanganku
Yang didapat hanya oleh kuasa-Nya. —Wilkinson
Kemampuan kita yang terbatas menegaskan kuasa Allah yang tak terbatas.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate