Pages - Menu

Wednesday, March 12, 2014

Kaidah Kencana

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. —Matius 7:12
Kaidah Kencana
Konsep Kaidah Kencana—memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan—muncul dalam banyak agama. Jika demikian, apa yang membuat ucapan versi Yesus itu menjadi begitu istimewa?
Keunikannya terletak pada alasan dari kaidah itu—alasan yang menunjukkan betapa murah hatinya Bapa kita di surga. Inilah yang Yesus katakan: “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi” (Mat. 7:11-12).
Kita semua gagal melakukan yang seharusnya kita perbuat: Kita tidak mengasihi sesama sebagaimana Allah telah mengasihi kita. Yesus telah menghidupi kaidah etiket yang mengagumkan itu dengan kasih sempurna melalui kehidupan dan kematian-Nya atas segala dosa kita.
Kita mempunyai Bapa Maha Pengasih dan Pemurah yang mengesampingkan kepentingan-Nya sendiri demi mencurahkan kasih-Nya dengan agung melalui Putra-Nya Yesus. Kemurahan hati Allah menggerakkan kita untuk memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Kita mengasihi dan memberi kepada sesama karena Dia telah lebih dahulu mengasihi kita (1Yoh. 4:19).
Bapa Surgawi memang menghendaki kita untuk melakukan perintah-perintah-Nya, tetapi Dia juga memampukan kita melakukannya oleh kuasa dan kasih yang dilimpahkan-Nya. Yang perlu kita perbuat hanyalah meminta hal itu dari-Nya. —DHR
Bapa Surgawi, aku memang masih kurang dalam hal kesabaran,
pengampunan, dan belas kasih. Aku mohon, tunjukkanlah pada
hari ini kasih sempurna-Mu melalui diriku lewat cara-cara yang
sederhana. Dalam nama Yesus Putra-Mu, aku berdoa.
Kita telah menghafal Kaidah Kencana; marilah sekarang kita menerapkannya dalam hidup. —E. Markham

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate