Pages - Menu

Friday, July 25, 2014

Mencari Zakheus

Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini. —Lukas 19:9
Mencari Zakheus
Alf Clark menyusuri jalanan kota untuk mencari Zakheus. Tentunya bukan tokoh Zakheus yang tertulis dalam Alkitab—karena Yesus telah menemukannya. Alf dan beberapa teman yang terlibat dalam sebuah lembaga pelayanan perkotaan hendak melakukan seperti yang telah dilakukan Yesus di Lukas 19. Mereka sengaja menyusuri jalan demi jalan di kotanya untuk menemui dan membantu orang-orang yang membutuhkan.
Alf berjalan dari rumah ke rumah yang ada di lingkungannya, mengetuk pintu demi pintu, dan berkata kepada siapa pun yang mengintip di balik pintu, “Hai, nama saya Alf. Adakah kebutuhanmu yang bisa saya doakan?” Itulah cara Alf untuk memulai percakapan—seperti yang Yesus lakukan kepada Zakheus si pemungut cukai—dan dalam kerinduannya untuk memberikan perhatian, nasihat rohani, dan pengharapan bagi mereka yang membutuhkannya.
Perhatikanlah apa yang Yesus lakukan. Lukas hanya mengatakan bahwa Yesus “berjalan terus melintasi” kota Yerikho (Luk. 19:1). Tentu saja di sana ada sekerumunan orang, seperti yang biasanya terjadi ketika Yesus datang ke suatu kota. Zakheus, yang “badannya pendek”, memanjat sebatang pohon ara. Lalu Yesus, ketika sedang melintas, berjalan persis ke bawah pohon itu dan mengatakan kepada Zakheus bahwa Dia hendak berkunjung ke rumahnya. Pada hari itu, keselamatan terjadi di dalam rumah Zakheus. Yesus telah “datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (ay.10).
Apakah kita mencari Zakheus? Ia ada di mana-mana dan sangat membutuhkan Yesus. Dengan cara bagaimana kita dapat membagikan kasih Kristus kepada mereka yang memerlukan Juruselamat? —JDB
Ya Allah, tuntunlah langkah kami untuk mendekat dan
bukannya menjauh dari orang-orang yang membutuhkan-Mu.
Kemudian tuntunlah perkataan dan perbuatan kami sehingga
kami berani menyampaikan kebenaran kepada orang lain.
Kabar baik dari Allah itu terlalu indah untuk disimpan bagi diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate