Pages - Menu

Thursday, August 21, 2014

Penghiburan Bagi Yang Bergumul

Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. —Ibrani 10:35
Penghiburan Bagi Yang Bergumul
Ada sebuah pepatah lama mengatakan, “Jangan menggigit lebih banyak daripada yang dapat kamu kunyah.” Dengan kata lain, tidak mengambil tanggung jawab lebih banyak daripada yang dapat kita tangani adalah suatu sikap yang bijaksana. Namun demikian, ada kalanya kita mungkin merasa dibuat kewalahan oleh besar dan beratnya tugas yang hendak kita dilakukan.
Hal tersebut dapat terjadi juga dalam perjalanan iman kita bersama Kristus. Ada kalanya tekad kita kepada Allah rasanya terlalu berat untuk kita tanggung. Namun Tuhan sanggup menghibur kita di saat keyakinan kita mulai goyah.
Penulis kitab Ibrani mengajak pembacanya untuk mengingat kembali keberanian yang mereka tunjukkan pada masa-masa mereka baru percaya (10:32-33). Sekalipun meng-alami penghinaan dan penganiayaan di muka umum, mereka tetap membantu orang-orang percaya yang mendekam dalam penjara dan menerima perampasan harta mereka dengan sukacita (ay.33-34). Dengan mengingat hal itu, ia berkata, “Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu” (ay. 35-36).
Keyakinan kita tidaklah didasarkan pada diri sendiri melainkan dalam Yesus dan janji-Nya untuk kembali pada waktu yang tepat (ay.37).
Kuasa Allahlah yang memampukan kita untuk terus melangkah dalam perjalanan iman kita. Mengingat kesetiaan Tuhan di masa lalu membangkitkan keyakinan kita kepada-Nya pada masa kini. —DCM
Ketika beban hidup bertambah berat,
Saat jalan terjal mendaki dan berkelok-kelok,
Dalam tugas sehari-hari, Tuhan, izinkan aku melihat
Bahwa Engkau akan selalu bersamaku. —D. DeHaan
Mempercayai kesetiaan Allah akan membangkitkan keyakinan kita.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate