Pages - Menu

Monday, August 18, 2014

Percaya Lebih Dahulu

KomikStrip-WarungSateKamu-20140815-Percaya-Lebih-Dahulu
Ya, Aku datang segera!
—Wahyu 22:20

Percaya Lebih Dahulu
Dalam sebuah kamp penjara milik Jerman pada masa Perang Dunia II, tanpa sepengetahuan penjaga penjara, sejumlah tawanan Amerika merangkai perangkat radio mereka sendiri. Suatu hari, tersiarlah berita bahwa pemerintah Jerman sudah menyerah, dan perang pun berakhir. Namun karena putusnya komunikasi, para penjaga penjara belum mengetahui kabar tersebut. Saat berita itu tersebar di antara para tawanan, mereka pun merayakan peristiwa besar itu. Selama 3 hari, mereka bernyanyi, melambai-lambaikan tangan kepada penjaga penjara, dan bersenda gurau saat makan. Pada hari ke-4, mereka bangun pada pagi hari dan mendapati bahwa seluruh pasukan Jerman yang menjaga mereka telah pergi. Penantian mereka pun telah berakhir.
Sejumlah cerita dalam Alkitab berpusat pada penantian: Abraham menantikan seorang anak (Kej. 12-21). Bangsa Israel menantikan pembebasan dari tanah Mesir. Para nabi menantikan penggenapan dari nubuat mereka. Para murid menantikan Yesus untuk menunjukkan kuasa-Nya sebagai Mesias seperti yang selama ini mereka harapkan. Perkataan terakhir Yesus di kitab Wahyu adalah, “Ya, Aku datang segera!” diikuti dengan sebuah doa yang mendesak, “Amin, datanglah, Tuhan Yesus!” (22:20). Untuk ini, kita masih menanti penggenapannya.
Inilah pertanyaan yang saya ajukan pada diri saya sendiri: Mengapa kita sering merasa takut dan cemas dalam penantian? Layaknya para tentara Sekutu dalam penjara di atas, kita dapat menjalani hidup berdasarkan kabar baik yang kita percayai. Lagipula, bukankah sikap itu yang dinamakan beriman kepada Allah, yaitu mempercayai terlebih dahulu apa yang kelak baru akan kita mengerti? —PDY
Iman melihat melampaui bayang-bayang
Kebimbangan, keraguan, dan ketakutan
Lalu mendapati Juruselamat sedang menanti
Dan Dia senantiasa dekat pada kita. —French
Masa penantian merupakan ujian atas iman kita, karena itulah kita menanti dalam pengharapan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate