Pages - Menu

Tuesday, October 27, 2015

Kehilangan Kesempatan

Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. —1 Korintus 13:2
Kehilangan Kesempatan
Saya mendengar perkataan yang paling menyedihkan hari ini. Dua saudara seiman sedang berbeda pendapat tentang sesuatu. Pria yang lebih tua menggunakan ayat-ayat Alkitab seperti senjata, dengan menebas apa pun yang dianggapnya salah dalam hidup lawan bicaranya. Pria yang lebih muda kelihatan jenuh menanggapi lawan bicaranya yang tengah menguliahi dirinya dan merasa sangat dikecewakan.
Saat obrolan mereka hampir usai, pria yang lebih tua mengomentari sikap lawan bicaranya yang terlihat tidak acuh. “Dahulu kamu begitu bersemangat,” katanya, sebelum akhirnya ia terdiam. “Aku tak tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan.”
“Bapak kehilangan kesempatan untuk mengasihiku,” kata si orang muda. “Selama Bapak mengenalku, sepertinya yang penting bagi Bapak adalah membuktikan kesalahan-kesalahanku. Apa yang kuinginkan? Aku ingin melihat Yesus, di dalam dan melalui diri Bapak.”
Saya berpikir, Seandainya perkataan itu ditujukan kepada saya, hati saya pasti hancur. Saat itu, Roh Kudus mengingatkan saya bahwa ada banyak kesempatan yang terlewat bagi saya untuk mengasihi orang lain. Dan saya sadar ada banyak orang yang juga tidak dapat melihat Yesus di dalam dan melalui diri saya.
Rasul Paulus menasihatkan kita bahwa kasih haruslah menjadi pendorong utama dari apa pun yang kita lakukan; dalam segala sesuatu yang kita lakukan (1Kor. 13:1-4). Janganlah kita melewatkan kesempatan mendatang untuk menyatakan kasih kepada sesama. —Randy Kilgore
Mintalah Roh Kudus untuk menunjukkan kepadamu siapa yang telah lalai kamu kasihi. Mintalah agar Allah memberikan kesempatan lain. Mulailah mengasihi orang tersebut dengan mengucapkan permohonan maaf kepadanya.
Perbuatan kasih selalu jauh lebih baik daripada sekadar perkataan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate