Pages - Menu

Saturday, November 28, 2015

Melihat Diri Kita Sendiri

Hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri. —1 Korintus 11:28
Melihat Diri Kita Sendiri
Dahulu kala, sebelum cermin ditemukan, orang jarang memandangi dirinya sendiri. Genangan air, aliran air, dan air sungai menjadi sebagian cara bagi seseorang untuk melihat pantulan diri mereka sendiri. Namun cermin telah mengubah semuanya. Kemudian, penemuan kamera semakin mendorong kita terpesona pada penampilan kita sendiri. Kini kita dapat menyimpan gambaran diri kita dari waktu tertentu di sepanjang hidup kita. Perilaku tersebut baik bagi penyusunan album foto dan catatan sejarah keluarga, tetapi pengaruhnya juga dapat merusak kesejahteraan rohani kita. Kesenangan untuk melihat diri kita sendiri melalui sorotan kamera dapat membuat kita terlalu memusatkan perhatian pada penampilan luar dan melemahkan minat kita untuk memeriksa batin kita.
Pengujian diri adalah unsur penting bagi kehidupan rohani yang sehat. Allah ingin kita melihat diri kita sendiri agar kita dapat terhindar dari konsekuensi pilihan-pilihan berdosa yang pernah kita ambil. Sedemikian pentingnya hal itu sehingga Alkitab berkata bahwa kita tidak dapat ikut ambil bagian dalam Perjamuan Tuhan tanpa terlebih dulu menguji diri kita sendiri (1Kor. 11:28). Maksud dari pengujian diri itu tidak hanya untuk memulihkan hubungan kita dengan Allah, tetapi juga untuk memastikan bahwa hubungan kita dengan sesama kembali pulih. Perjamuan Tuhan merupakan peringatan akan tubuh Kristus, dan kita tidak bisa merayakannya dengan benar apabila kita tidak hidup harmonis dengan saudara seiman yang lain.
Melihat dan mengakui dosa kita berarti membangun kesatuan dengan sesama dan hubungan yang sehat dengan Allah. — Julie Ackerman Link
Ya Tuhan, tolonglah aku untuk lebih mempedulikan keadaan hatiku daripada penampilan fisikku. Ubahlah aku dengan kuasa Roh-Mu.
Ketika kita menggunakan firman Allah sebagai cermin, kita akan melihat diri kita dengan lebih jelas.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate