Pages - Menu

Tuesday, May 3, 2016

Sesuai yang Saya Butuhkan

Kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. —2 Korintus 1:4
Sesuai yang Saya Butuhkan
Suatu waktu, saya berdiri di bagian belakang ruangan panti wreda di kota Palmer, Alaska, sembari mendengarkan paduan suara SMA putri saya menyanyikan pujian It Is Well with My Soul (Nyamanlah Jiwaku). Saya bertanya-tanya mengapa Lisa, anak saya yang memimpin paduan suara, memilih lagu itu. Pujian itu pernah dimainkan di upacara pemakaman kakaknya, Melissa, dan Lisa tahu persis bahwa saya tidak pernah mendengarkan lagu tersebut tanpa rasa haru.
Pikiran saya terhenti oleh perkataan pria di samping saya, “Lagu ini sesuai dengan yang kubutuhkan.” Saya pun bertanya mengapa ia membutuhkan lagu itu. Ia menjawab, “Aku baru saja kehilangan putraku, Cameron, minggu lalu karena kecelakaan lalu lintas.”
Wow! Saya begitu berfokus pada diri sendiri hingga tak lagi memikirkan kebutuhan orang lain, sementara Allah terus memakai lagu itu untuk melayani seseorang menurut kehendak-Nya. Saya pun meneruskan pembicaraan dengan Mac, teman baru saya yang bekerja di panti tersebut, tentang pemeliharaan Allah dalam masa-masa tersulit hidupnya itu.
Di sekitar kita, ada banyak orang yang membutuhkan pertolongan, dan terkadang kita harus mengesampingkan perasaan dan rencana kita untuk menolong mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengingat bagaimana Allah telah menghibur kita dalam beragam ujian dan masalah yang kita hadapi “sehingga [kita] sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang [kita] terima sendiri dari Allah” (2Kor. 1:4). Alangkah mudahnya kita terhanyut oleh urusan kita sendiri dan lupa bahwa di dekat kita ada seseorang yang mungkin membutuhkan doa, penguatan, pelukan, atau uluran tangan yang kita berikan di dalam nama Yesus. —Dave Branon
Ya Tuhan, tolonglah aku untuk melihat siapa yang sedang butuh pertolongan, dan biarlah aku siap untuk memberikannya. Terima kasih untuk penghiburan yang Engkau berikan kepadaku; tolonglah aku untuk membagikannya.
Penghiburan yang kita terima patutlah kita bagikan pada sesama.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate