Pages - Menu

Sunday, August 28, 2016

Menamai Allah

Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku? —Kejadian 16:13
Menamai Allah
Dalam bukunya The God I Don’t Understand (Allah yang Tak Kumengerti), Christopher Wright menyebutkan bahwa salah satu orang pertama di Alkitab yang memberikan nama kepada Allah adalah seseorang yang tak pernah kita sangka, yaitu Hagar!
Cerita Hagar memberikan gambaran yang blak-blakan tentang sejarah umat manusia. Sudah bertahun-tahun lamanya Allah memberitahukan kepada Abram dan Sarai bahwa mereka akan memiliki anak, dan Sarai telah menjadi semakin tua dan tidak sabaran. Dengan maksud ingin “membantu” Allah, Sarai mengikuti kebiasaan pada zaman itu. Sarai memberikan budak perempuannya, Hagar, kepada suaminya, dan Hagar pun hamil.
Maka tidak heran konflik pun muncul. Sarai menindas Hagar, yang kemudian melarikan diri. Di tengah kesendiriannya di padang gurun, Hagar bertemu malaikat Tuhan yang memberikan janji yang sangat persis dengan janji yang diucapkan Allah sebelumnya kepada Abram (baca Kej. 15:5). “Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya” (16:10). Sang malaikat memberi nama Ismael kepada anak Hagar, yang artinya “Tuhan telah mendengar” (ay.11). Sebagai respons, Hagar—seorang budak yang berasal dari kebudayaan yang menyembah banyak ilah yang tidak dapat mendengar atau melihat—memberikan nama “El-Roi” kepada Allah, yang berarti, “Dia yang telah melihat aku” (ay.13).
“Allah yang telah melihat kita” adalah Allah dari para pahlawan iman yang tidak sabaran dan pelarian yang tak berdaya. Dia adalah Allah bagi yang kaya maupun yang miskin, bagi mereka yang ternama maupun yang kesepian. Dia selalu mendengar, melihat, dan sangat peduli pada setiap dari kita. —Tim Gustafson
Tuhan, Engkau tak menutup-nutupi kisah umat-Mu, tetapi Engkau mengasihi mereka—seperti Engkau mengasihi kami—meski mereka ternoda dan berdosa. Engkau Allah yang melihat kami, dan kami bisa berlindung kepada-Mu.
Allah melihat kita dengan penuh belas kasihan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate