Pages - Menu

Sunday, December 4, 2016

Harta Karun di Makam 7

Aku gembira atas janji-Mu, seperti orang yang mendapat banyak jarahan. —Mazmur 119:162
Harta Karun di Makam 7
Pada tahun 1932, arkeolog Meksiko, Antonio Caso, menemukan Makam 7 di Monte Alban, Oaxaca. Ia menemukan lebih dari empat ratus artefak, termasuk ratusan potong perhiasan dari masa pra-Hispanik, yang disebutnya “Harta Karun dari Monte Alban”. Harta karun tersebut merupakan salah satu penemuan terpenting dalam dunia arkeologi Meksiko. Sungguh tak terbayangkan kegembiraan Caso ketika memegang sebuah cangkir dari batu giok dalam keadaannya yang masih asli.
Berabad-abad sebelumnya, seorang pemazmur pernah menulis tentang harta yang jauh lebih berharga daripada emas atau batu kristal. Ia berkata, “Aku gembira atas janji-Mu, seperti orang yang mendapat banyak jarahan” (Mzm. 119:162). Penulis Mazmur 119 menyadari betapa berharganya perintah dan janji Allah bagi kehidupan manusia, sehingga ia membandingkannya dengan harta besar yang direbut oleh orang yang menang dalam peperangan.
Nama Antonio Caso dikenang sampai hari ini karena penemuannya di Makam 7. Penemuannya dapat kita nikmati ketika kita mengunjungi museumnya di Oaxaca. Kini harta sang pemazmur ada di ujung jari kita. Hari demi hari kita dapat menggali Kitab Suci dan menemukan berlian janji, mirah pengharapan, dan zamrud hikmat yang berharga. Namun demikian, harta terbesar yang dapat kita temukan adalah Pribadi yang dinyatakan oleh Kitab Suci itu, yaitu Yesus Kristus. Dia jugalah Penulis utama dari Kitab tersebut.
Marilah kita tekun menggali Kitab Suci dengan meyakini bahwa itulah harta pusaka yang akan memperkaya hidup kita. Kiranya kita menyatakan seperti yang dikatakan sang pemazmur, “Peringatan-peringatan-Mu adalah milik pusakaku untuk selama-lamanya, sebab semuanya itu kegirangan hatiku” (ay.111). —Keila Ochoa
Bapa, aku ingin menghargai Kitab Suci sebagai harta pusakaku. Tolonglah aku menikmati firman-Mu setiap hari.
Firman Allah adalah harta yang mulia sekaligus kompas bagi kehidupan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate