Pages - Menu

Saturday, February 25, 2017

Sepenuh Hati!

Hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya. —Bilangan 14:24
Sepenuh Hati!
Kaleb adalah seorang yang mengikut Tuhan dengan “sepenuh hati”. Ia dan Yosua termasuk dari dua belas pengintai yang menjelajahi Tanah Perjanjian dan memberikan laporan kepada Musa dan umat Israel. Kaleb berkata, “Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” (Bil. 13:30). Namun sepuluh pengintai lainnya mengatakan bahwa mereka tidak mungkin berhasil. Meski Allah telah menjanjikan kemenangan, yang mereka lihat hanyalah rintangan (ay.31-33).
Kesepuluh orang itu menyebabkan bangsa Israel berkecil hati dan bersungut-sungut kepada Allah, dan akibatnya mereka harus mengembara selama 40 tahun di padang gurun. Namun Kaleb tidak pernah menyerah. Tuhan berkata, “Hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya” (14:24). Empat puluh lima tahun kemudian, Allah menepati janji-Nya. Kaleb yang telah berusia 85 tahun memperoleh kota Hebron “karena ia tetap mengikuti Tuhan, Allah Israel, dengan sepenuh hati” (Yos. 14:14).
Berabad-abad kemudian, seorang ahli Taurat bertanya kepada Tuhan Yesus, “Hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” Yesus menjawabnya, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama” (Mat. 22:35-38).
Hingga kini, Kaleb masih mengilhami kita dengan keyakinannya yang kuat kepada Allah yang layak menerima kasih, kepercayaan, dan komitmen kita yang sepenuh hati. —David McCasland
Ya Tuhan, kiranya kami mengasihi-Mu dengan sepenuh hati hari ini dan mengikut-Mu setiap hari dalam perjalanan hidup kami.
Komitmen kepada Kristus adalah panggilan hidup kita setiap hari.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate