Pages - Menu

Friday, May 12, 2017

Sang Penolong

Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13
Sang Penolong
Saat memasuki pesawat yang akan membawa saya ke suatu kota berjarak seribu mil dari rumah untuk meneruskan studi, saya merasa begitu gugup dan sendirian. Namun selama penerbangan, saya ingat bahwa kepada murid-murid-Nya, Yesus menjanjikan Roh Kudus yang akan hadir untuk menolong dan menghibur mereka.
Para sahabat Yesus pasti merasa bingung ketika Yesus berkata kepada mereka, “Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi” (Yoh. 16:7). Bagaimana mungkin mereka yang telah menyaksikan mukjizat-Nya dan belajar dari ajaran-Nya dapat menjadi lebih baik tanpa kehadiran-Nya? Namun, Yesus mengatakan kepada mereka bahwa jika Dia pergi, Sang Penolong, yaitu Roh Kudus, akan datang.
Menjelang waktu-waktu terakhir-Nya di bumi, Yesus memberikan pesan kepada murid-murid-Nya (dalam Yoh. 14-17 yang dikenal sebagai “Pesan Perpisahan”) untuk menolong mereka agar memahami arti kematian dan kenaikan-Nya ke surga. Pusat pembicaraan mereka adalah tentang kedatangan Roh Kudus, Sang Penolong yang akan menyertai mereka (14:16-17), mengajar (15:15), bersaksi (15:26), dan memimpin mereka (16:13).
Kita yang telah menerima hidup baru dari Allah juga telah dianugerahi Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita. Roh Kudus juga memberi kita begitu banyak: Dia menginsafkan kita akan dosa dan menolong kita untuk menyesalinya. Dia memberi kita penghiburan tatkala kita menderita, kekuatan untuk menanggung kesulitan, hikmat untuk memahami pengajaran Allah, pengharapan dan iman untuk percaya, dan kasih yang rela berbagi.
Marilah kita bersukacita karena Tuhan Yesus telah mengutus Sang Penolong untuk kita. —Amy Boucher Pye
Bapa Surgawi, Engkau memberikan Anak-Mu untuk menyelamatkan kami dan Roh-Mu untuk menghibur dan mengingatkan kami. Kiranya kami senantiasa memuliakan-Mu saat kami mensyukuri kebaikan dan kasih-Mu.
Roh Kudus memenuhi hidup para pengikut Yesus.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate