Pages - Menu

Tuesday, June 6, 2017

Tantangan Lima Belas Menit

Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu. —Mazmur 119:36
Tantangan Lima Belas Menit
Dr. Charles W. Eliot, presiden Universitas Harvard selama 40 tahun, meyakini bahwa orang awam yang konsisten membaca karya-karya sastra hebat di dunia akan memperoleh pelajaran yang berharga, meski ia hanya membaca beberapa menit sehari. Pada tahun 1910, ia mengumpulkan beragam karya pilihan dari buku-buku tentang sejarah, pengetahuan alam, filsafat, dan seni murni dalam 50 jilid buku yang disebut The Harvard Classics. Setiap set mencantumkan Panduan Membaca dari Dr. Eliot berjudul “Fifteen Minutes A Day” (Lima Belas Menit Sehari) yang memuat pilihan bacaan sepanjang delapan sampai sepuluh halaman yang disarankan untuk dibaca setiap hari selama setahun.
Bagaimana jika kita mengambil waktu lima belas menit sehari untuk membaca firman Allah? Kita dapat mengatakan bersama pemazmur, “Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba. Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan” (Mzm. 119:36-37).
Jika dijumlahkan, lima belas menit sehari akan menjadi 91 jam setahun. Namun, seberapa pun waktu yang kita gunakan untuk membaca Alkitab setiap hari, kuncinya terletak pada konsistensi. Yang paling dibutuhkan bukanlah kesempurnaan melainkan ketekunan. Jika kita melewatkan satu hari atau satu minggu, kita dapat mulai membaca lagi. Dengan tuntunan Roh Kudus, firman Allah akan mengisi pikiran kita, lalu memenuhi hati, hingga kemudian menggerakkan kaki dan tangan kita untuk melakukan firman itu. Firman Allah tidak hanya akan menjadi pengetahuan tetapi juga mengubahkan hidup kita.
“Tuhan, ajarilah aku arti ketetapan-ketetapan-Mu, supaya aku mengikutinya sampai akhir” (ay.33 BIS). —David McCasland
Ya Penulis Agung, ajarlah aku saat aku membaca firman-Mu hari ini. Aku ingin mendengar-Mu, mengenal-Mu, dan hidup lebih dekat kepada-Mu.
Alkitab adalah satu-satunya Kitab yang Penulisnya selalu hadir pada saat kitab itu dibaca.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate