Pages - Menu

Monday, October 29, 2018

Senantiasa Mengucap Syukur

Apakah semua ikan di laut cukup untuk memberi makan kepada mereka? —Bilangan 11:22 BIS
Senantiasa Mengucap Syukur
Tahun-tahun yang melelahkan akibat penyakit kronis dan rasa frustrasi terhadap ruang gerak saya yang terbatas akhirnya memuncak. Ketidakpuasan yang saya rasakan membuat saya sering menuntut dan sulit mengucap syukur. Saya mulai mengeluh tentang perawatan yang diberikan suami. Saya mengomel tentang cara suami saya membersihkan rumah. Walaupun ia adalah koki terbaik yang pernah saya kenal, masih saja saya menggerutu tentang kurangnya variasi menu makanan kami. Ketika akhirnya ia mengatakan bahwa keluh-kesah saya melukai perasaannya, saya malah menjadi jengkel. Pikir saya, mana mungkin ia tahu apa yang saya alami? Namun akhirnya, Allah menolong saya untuk melihat segala kesalahan yang saya lakukan, dan saya pun meminta pengampunan dari suami dan Tuhan.
Harapan kita akan situasi yang berbeda dapat membuat kita berkeluh-kesah, bahkan menjadikan kita terlalu berpusat pada diri sendiri yang mengakibatkan hubungan kita dengan orang lain menjadi rusak. Bangsa Israel tidak asing lagi dengan masalah itu. Tampaknya mereka tidak pernah merasa puas dan selalu mengeluhkan pemeliharaan Allah (Kel. 17:1-3). Meskipun Tuhan memelihara umat-Nya di padang gurun dengan memberi mereka “hujan roti” dari langit (16:4), mereka mulai mendambakan makanan lain (Bil. 11:4). Alih-alih bersukacita atas mukjizat dari Allah yang diterima dari hari ke hari, bangsa Israel menghendaki yang lebih banyak, yang lebih baik, yang berbeda, atau bahkan yang dahulu pernah mereka miliki (ay.4-6). Bangsa Israel menumpahkan rasa frustrasi mereka kepada Musa (ay.10-14).
Mempercayai kebaikan dan kesetiaan Allah dapat menolong kita untuk senantiasa belajar mengucap syukur. Hari ini, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala bentuk pemeliharaan-Nya yang tak terhingga banyaknya atas kita. —Xochitl Dixon
Pujian syukur memuaskan jiwa kita dan menyenangkan hati Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate