Pages - Menu

Tuesday, November 5, 2013

Hadiah Untuk Sikap Baik

Baca: 2 Korintus 5:1-11
Sebab itu juga kami berusaha, . . . supaya kami berkenan kepada [Allah]. —2 Korintus 5:9
Dalam pelayanan sekolah Minggu bagi anak-anak di gereja saya, kami memberikan selembar kartu kepada anak-anak yang kami lihat telah bersikap baik. Mereka dapat mengumpulkan kartu-kartu tersebut dan menerima hadiah atas sikap baik mereka. Kami berusaha mendorong anak mengembangkan sikap yang baik ketimbang berfokus pada sikap yang tidak baik.
Ketika Tyree, anak berusia 11 tahun, hendak diberi kartu oleh gurunya, ia mengatakan, “Tidak, terima kasih. Aku tidak perlu kartu itu. Aku ingin bersikap baik, dan bukan karena mau mendapat hadiah.” Bagi Tyree, melakukan hal yang benar itu memang sudah sepatutnya. Tyree jelas memiliki nilai moral yang baik terpatri di dalam dirinya, dan ia ingin mewujudkannya dalam perbuatan—dengan atau tanpa iming-iming upah.
Sebagai umat yang percaya kepada Yesus, suatu hari nanti kita akan menerima upah. 2 Korintus 5:10 mengatakan bahwa setiap orang akan “memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.” Akan tetapi, memperoleh upah seharusnya tidak menjadi motivasi kita untuk menjalani hidup dengan benar. Upah pun bukan menjadi dasar kita untuk memperoleh keselamatan. Sudah sepatutnya kita rindu menjalani hidup karena hati kita didorong oleh kasih kepada Allah dan keinginan untuk menyenangkan Dia.
Kita mengasihi Allah karena kita ingin menyenangkan Dia yang sudah terlebih dahulu mengasihi kita (1Yoh. 4:19) dan ingin melayani-Nya dengan motivasi yang murni (Ams. 16:2, 1Kor. 4:5). Hidup bersama Dia adalah upah yang terbaik dari segalanya! —AMC
Dalam segala pikiran, ucapan, dan perilaku,
Ya Allah, Aku ingin selalu memuliakan-Mu;
Namun kiranya motivasi terbesarku adalah
Mengasihi Kristus yang telah mati bagiku. —D. DeHaan
Kerinduan kita untuk menyenangkan Allah menjadi motivasi terbesar kita untuk menaati Dia.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate