Pages - Menu

Saturday, November 2, 2013

Siapa Yang Mengatakan Kebenaran?

Baca: Yohanes 8:31-47
Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? —Yohanes 8:46
Di sepanjang kampanye kepresidenan Amerika Serikat di tahun 2012, liputan stasiun-stasiun televisi terhadap pidato dan debat para calon sering disertai dengan “pengujian fakta” oleh para pengamat yang membandingkan pernyataan para kandidat dengan rekam jejak mereka. Apakah mereka mengatakan kebenaran ataukah memanipulasi fakta-fakta demi keuntungan mereka sendiri?
Rasul Yohanes mencatat debat antara Yesus dengan sekelompok orang yang meyakini bahwa Dia telah membuat pernyataan palsu tentang diri-Nya. Yesus berkata, “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu” (Yoh. 8:31-32). Mereka berkata kepada Yesus bahwa mereka tidak pernah menjadi hamba siapa pun, dan bertanya, “Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?” (ay.33).
Sepanjang debat itu, Yesus terus mengatakan bahwa Dia sedang mengatakan kebenaran kepada mereka (ay.34,40,45-46,51). Ada orang-orang yang percaya kepada-Nya, tetapi sebagian yang lain tetap marah kepada-Nya dan tidak percaya.
Sebenarnya, debat tersebut masih terjadi hingga masa kini. Mereka yang menentang Yesus berusaha menjatuhkan dan memutarbalikkan pernyataan-Nya menjadi dusta. Yesus berkata, “Aku berkata kepadamu sesungguhnya,” dan berjanji bahwa Dia akan memberi kita kemerdekaan yang takkan dapat kita temukan di tempat lain.
Ketika kita hendak memutuskan siapa yang akan kita ikuti, yakinlah bahwa catatan Alkitab tentang kehidupan Yesus memang tahan uji. Ada keputusan penting yang harus diambil oleh kita semua. —DCM
Iman berarti mempercayai janji itu benar,
Percaya dalam Yesus kekuatan Anda diperbarui;
Bersandar dengan tenang, diteguhkan firman-Nya,
Terlindung dari bahaya bersama Yesus Tuhan. —Teasley
Kebenaran Allah teguh bertahan terhadap ujian apa pun.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate