Pages - Menu

Tuesday, December 9, 2014

Hidup Kita Ibarat Buku

Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu . . . apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. —Ulangan 6:7
Hidup Kita Ibarat Buku
Buku The New England Primer (buku pelajaran dasar bagi siswa SD) diterbitkan di penghujung tahun 1600-an. Buku tersebut menjadi materi pelajaran yang digunakan secara luas di antara koloni-koloni yang di kemudian hari bersatu membentuk negara Amerika Serikat.
Sebagian besar isi dari buku pelajaran yang digunakan di Amerika pada zaman lampau itu didasarkan pada Alkitab. Di dalamnya digunakan beragam gambar dan sajak yang dilandaskan pada Kitab Suci dengan maksud untuk membantu anak-anak belajar membaca. Buku tersebut juga mencantumkan doa-doa seperti ini: “Kini aku ingin berbaring tidur, aku berdoa, ya Tuhan, jagalah aku. Jika aku mati sebelum kubangun, aku berdoa, ya Tuhan, bawalah jiwaku.”
Pada zaman kolonial di Amerika, cara itulah yang dipakai oleh sebuah generasi untuk meneruskan iman mereka pada generasi berikutnya. Hal itu sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah dari umat-Nya, bangsa Israel kuno, sebagaimana tercatat dalam Ulangan 6:6-7, “Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkan [perintah-perintah Allah] berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya . . . apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”
Ketika kita berbicara tentang diri Allah, perbuatan-perbuatan-Nya bagi kita, dan bagaimana Dia menghendaki kasih dan ketaatan kita, kehidupan kita dapat menjadi pelajaran bagi generasi berikutnya. Kita dapat menjadi alat pengajaran yang akan Allah pakai untuk menuntun orang lain dalam perjalanan iman mereka bersama-Nya. —HDF
Tuhan, kami mengasihi-Mu. Kami ingin belajar mengasihi-Mu
dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan kami.
Pakailah hidup dan perkataan kami untuk membawa orang lain
kepada Engkau yang terlebih dulu mengasihi kami.
Ketika kita mengajar orang lain, kita tidak sedang menghabiskan waktu, tetapi menanamkan iman.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate