Pages - Menu

Tuesday, November 26, 2013

Kasih Sejati

Baca: 1 Korintus 13:1-8
[Kasih] menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan. —1 Korintus 13:7-8
Beberapa tahun yang lalu, ibu dari teman saya, Beth, telah didiagnosa mengidap penyakit Alzheimer. Sejak saat itu, Beth pun didesak untuk mengambil sejumlah keputusan sulit mengenai perawatan ibunya, dan hatinya sering hancur menyaksikan sang ibu yang selama ini hidup dengan penuh semangat dan gembira itu perlahan-lahan kehilangan kekuatannya. Sepanjang pengalamannya itu, teman saya belajar bahwa menunjukkan kasih sejati itu tidaklah selalu mudah atau nyaman.
Setelah pada tahun lalu ibunya dirawat di rumah sakit selama beberapa hari, Beth menuliskan kata-kata berikut ini kepada sejumlah temannya: “Sekalipun segala sesuatu tampaknya mengalami kemunduran, aku sangat berterima kasih atas perjalanan hidup yang kujalani bersama Ibu. Di balik memudarnya ingatan, kebingungan, dan ketidakberdayaan total, Ibu tetap menjadi pribadi yang cantik, yang mencintai hidup dan yang sepenuhnya diliputi damai sejahtera. Aku belajar sangat banyak tentang arti kasih sejati, dan walaupun mungkin aku tidak menghendaki perjalanan yang penuh dengan air mata dan kepedihan hati ini, aku tidak menyesal sama sekali.”
Alkitab mengingatkan kita bahwa kasih itu sabar dan murah hati. Kasih tidak mencari keuntungan diri sendiri dan tidak mudah marah. Kasih “menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu” (1Kor. 13:4-7).
Kasih yang sejati datang dari Bapa kita di surga yang telah mengaruniakan Anak-Nya. Dalam upaya kita untuk menunjukkan kasih-Nya kepada sesama, kita dapat mengikuti teladan Kristus yang telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita (1Yoh. 3:16-18). —CHK
Ajarlah aku mengasihi, inilah doaku—
Kasih sayang dari hati-Mu itu kubagikan;
Siap sedia memberikan pertolongan,
Dan rela hidup demi sesamaku. —Peterson
Kasih sejati berarti rela menolong orang lain demi Yesus, bahkan ketika mereka tak bisa membalas kebaikan itu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate