Pages - Menu

Saturday, February 16, 2019

Berbuat Baik

[Tabita] banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. —Kisah Para Rasul 9:36
Berbuat Baik
“Estera, ada hadiah buatmu dari Helen, teman kita!” kata ibu sepulang dari tempat kerjanya. Kehidupan keluarga kami memang tidak berlimpah. Jadi, menerima kiriman hadiah lewat pos terasa seperti hari Natal kembali. Saya merasa dikasihi, diingat, dan dihargai oleh Allah melalui wanita luar biasa yang memberikan hadiah itu.
Janda-janda miskin yang dibuatkan pakaian oleh Tabita (Dorkas) tentu merasakan hal yang sama. Ia adalah murid Yesus yang tinggal di Yope dan terkenal di lingkungannya karena kebaikan hatinya. Tabita “banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah” (Kis. 9:36). Kemudian, ia sakit lalu meninggal. Pada waktu itu, Petrus sedang mengunjungi sebuah kota dekat Yope, maka dua orang dari jemaat pergi menemui Petrus dan memintanya datang ke Yope.
Ketika Petrus tiba, para janda yang pernah ditolong Tabita menunjukkan bukti kebaikannya—“semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup” (ay.39). Kita tidak tahu apakah mereka meminta Petrus untuk melakukan sesuatu, tetapi dengan pimpinan Roh Kudus, Petrus berdoa dan Allah pun membangkitkan Dorkas! Dampak dari kebaikan Allah tersebut adalah “peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan” (ay.42).
Kiranya perbuatan baik yang kita tunjukkan kepada orang-orang di sekitar kita akan mendorong mereka memikirkan tentang Allah dan merasa dikasihi pula oleh Allah. —Estera Pirosca Escobar
Tuhan, tolong kami untuk mengikut Engkau dan menunjukkan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kami sehingga mereka dapat melihat Engkau dalam diri kami.
Jadilah bukti nyata dari kebaikan Allah; kebaikan yang terpancar di wajahmu, di matamu, di senyummu. —Bunda Teresa

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate