Pages - Menu

Thursday, April 30, 2020

Benar-benar Merdeka

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.—Yohanes 8:36
Benar-benar Merdeka
Film berjudul Amistad bercerita tentang sekelompok budak dari Afrika Barat yang pada tahun 1839 mengambil alih kapal yang sedang membawa mereka, lalu membunuh kapten dan beberapa anak buahnya. Pada akhirnya, mereka semua tertangkap kembali, ditahan, dan diadili. Adegan paling mengesankan terjadi dalam ruang sidang, ketika Cinqué, pemimpin para budak, memohon kebebasan mereka dengan begitu gigih. Seruan “Bebaskan kami!” diucapkan berulang-ulang oleh laki-laki yang terbelenggu itu dalam lafal yang tidak sempurna tetapi dengan intensitas yang makin kuat hingga membuat seluruh pengunjung ruang sidang terdiam. Keadilan pun ditegakkan dan para budak itu dibebaskan.
Kebanyakan orang pada masa kini tidak lagi terancam oleh belenggu fisik, tetapi belum mengalami kebebasan sejati dari belenggu jiwa yang disebut dosa. Perkataan Yesus dalam Yohanes 8:36 menawarkan jalan keluar yang indah: “Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” Yesus menyebut diri-Nya sendiri sebagai sumber kebebasan yang sesungguhnya karena Dia menawarkan pengampunan kepada siapa saja yang percaya kepada-Nya. Walaupun beberapa orang yang ada di sekitar Yesus saat itu mengaku sebagai orang merdeka (ay.33), tetapi perkataan, sikap, dan perilaku mereka terhadap Yesus menyatakan hal yang sebaliknya.
Yesus rindu mendengar mereka menggemakan permohonan Cinqué dengan berkata, “Bebaskan kami.” Dengan penuh kasih, Dia menantikan seruan orang-orang yang masih terbelenggu oleh ketidakpercayaan, ketakutan, atau kegagalan. Sesungguhnya hati kitalah yang butuh dimerdekakan. Kemerdekaan tersebut tersedia bagi mereka yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah yang pernah datang ke dunia untuk menghancurkan kekuatan dosa atas kita melalui kematian dan kebangkitan-Nya.—Arthur Jackson
WAWASAN
Debat tentang identitas Yesus yang dimulai di Yohanes 7:25-27 dan apakah Dia Mesias semakin menghangat dalam pasal 8. Orang-orang bertanya kepada-Nya, “Siapakah Engkau?” (ay.25). Yohanes memberitahu kita bahwa “banyak orang percaya kepada-Nya” (ay.30). Kemudian Yesus menjelaskan identitas murid-murid-Nya yang sejati: mereka yang tidak hanya tahu tentang Yesus, namun juga yang menaati-Nya (ay.31). Yesus juga memperingatkan orang-orang Yahudi bahwa status istimewa mereka sebagai umat pilihan Allah dan warisan keturunan Abraham telah membutakan mereka. Mereka menolak melihat bahwa mereka adalah budak dosa juga (ay.31-36). Hanya dengan menerima dan percaya kebenaran bahwa Yesus adalah Mesias mereka—bahwa Dialah “jalan dan kebenaran dan hidup” (14:6)—baru mereka akan benar-benar merdeka. “Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka” (8:36).—K.T. Sim
Bagaimana Yesus telah memerdekakan kamu? Apa yang dapat kamu ceritakan kepada orang lain tentang kuasa Allah yang sanggup memerdekakan kita?
Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk percaya bahwa Engkau sanggup memerdekakan kami.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate