Pages - Menu

Monday, June 1, 2020

Butuh Tuntunan Allah

Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu.—Mazmur 61:3

Butuh Tuntunan Allah

Paman Zaki lebih dari sekadar teman bagi Kenneth Bailey, seorang ahli Alkitab; ia juga pemandu kepercayaan Bailey dalam perjalanan melintasi Gurun Sahara yang sangat luas dan menantang. Bailey berkata bahwa ia dan timnya menunjukkan kepercayaan penuh kepada Paman Zaki dengan cara mengikuti panduannya. Intinya, mereka menegaskan kepada Zaki, “Kami tidak tahu jalan, dan seandainya engkau tersesat kami pun akan tersesat dan mati. Kami percaya penuh kepada kepemimpinanmu.”

Di tengah situasi yang sangat melelahkan dan memilukan, Daud tidak sekadar membutuhkan bimbingan dari manusia. Ia memohon tuntunan dari Allah yang dilayaninya. Dalam Mazmur 61:3 kita membaca, “Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu; tuntunlah aku ke gunung batu yang terlalu tinggi bagiku.” Ia merindukan tempat perlindungan dan kelegaan yang ditemukan dalam hadirat Allah (ay.4-5).

Tuntunan Allah dalam hidup sangatlah dibutuhkan oleh umat yang dalam Kitab Suci disebut sebagai kawanan domba yang telah “sesat” (Yes. 53:6). Jika dibiarkan berjalan sendiri, pastilah kita tersesat dan tanpa pengharapan di tengah gurun dunia yang penuh dosa ini.

Namun, kita tidak dibiarkan berjalan sendiri! Kita mempunyai Gembala Agung yang membimbing kita ke “air yang tenang”, menyegarkan jiwa kita, dan menuntun kita di jalan yang benar (Mzm. 23:2-3).

Ke mana kamu butuh dituntun oleh-Nya hari ini? Berserulah kepada Dia. Dia tidak akan pernah meninggalkan kamu.—BILL CROWDER

WAWASAN
Konteks historis untuk Mazmur 61 tidak dijelaskan dalam kalimat pengantarnya, maka satu-satunya hal yang kita ketahui tentang latar belakang mazmur ini hanyalah bahwa Daud sedang diburu. Saat melarikan diri dari Yerusalem, ia berdoa, “Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu” (ay.3). Kita tidak diberitahu siapa yang sedang memburu dia; namun sebagian ahli percaya bahwa mungkin petunjuknya ada dalam ay.7: Daud meminta agar Allah menambahi “umur raja.” Tampaknya hal itu mengindikasikan bahwa itu periode waktu yang berbeda dengan ketika ia diburu oleh Saul yang ingin menghalanginya menjadi raja. Dalam mazmur ini, Daud sudah menjadi raja, jadi besar kemungkinan mazmur ini ditulis ketika ia melarikan diri dari upaya kudeta yang dirancang oleh Absalom, anaknya.—Bill Crowder

Apa rasanya ketika kamu merasa tersesat dan kehilangan arah? Bagaimana kamu dapat kembali mempercayai kerinduan Allah sebagai gembala untuk menuntun kamu dalam situasi sulit?

Bapa terkasih, terima kasih karena Engkau telah menjadi Gembala dan Penuntun hidupku. Tolonglah aku untuk tetap mempercayai-Mu dan mengandalkan hikmat-Mu. Biarlah Roh-Mu membimbingku melewati masa-masa yang berat dalam hidup ini.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate