Pages - Menu

Tuesday, May 14, 2019

Kritikan yang Baik

Sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.—Yohanes 1:17
Kritikan yang Baik
Suatu hari dalam pelajaran melukis pemandangan, guru saya, seorang seniman profesional yang sangat berpengalaman, datang untuk menilai karya pertama saya. Ia berdiri di depan lukisan saya sambil memegang dagunya. Oh tidak, pikir saya. Ia pasti bilang lukisan saya jelek.
Ternyata tidak.
Menurutnya, ia suka susunan warna dan kesan terbuka dalam lukisan saya. Kemudian ia berkata bahwa pohon-pohon yang saya lukis di kejauhan bisa dibuat sedikit lebih terang. Rumpun ilalang bisa diperhalus sapuannya. Ia memiliki otoritas untuk mengkritik karya saya berdasarkan aturan perspektif dan warna, tetapi kritikannya jujur dan disampaikan dengan baik.
Yesus, yang sangat berhak menghukum manusia karena dosa mereka, tidak menggunakan Sepuluh Perintah Allah untuk menegur wanita Samaria yang Dia temui di tepi sumur. Yesus dengan lembut mengkritik hidup wanita itu hanya dengan beberapa pernyataan. Hasilnya, wanita itu sadar bahwa pencariannya terhadap kepuasan telah membawanya kepada dosa. Dari kesadaran itu, Yesus menyingkapkan diri-Nya sebagai satu-satunya sumber kepuasan abadi (Yoh. 4:10-13).
Kombinasi anugerah dan kebenaran yang Yesus pakai dalam situasi itu sama seperti yang kita alami dalam hubungan kita dengan Dia (1:17). Anugerah-Nya membuat kita terlepas dari dosa, dan kebenaran-Nya membuat kita sadar bahwa dosa adalah masalah yang serius.
Maukah kita mengundang Yesus untuk menunjukkan area mana saja dalam hidup kita yang perlu bertumbuh agar kita bisa lebih menyerupai Dia? —Jennifer Benson Schuldt
WAWASAN

Pada bagian awal bacaan hari ini, Yesus hendak meninggalkan Yudea dan kembali ke Galilea bersama murid-murid-Nya (Yohanes 4:3). Namun, alih-alih menempuh rute lebih jauh yang biasanya ditempuh orang Yahudi demi menghindari orang Samaria yang mereka benci, Yesus justru “harus melintasi daerah Samaria” (ay.4). Yesus tergerak pergi ke Samaria karena tahu bahwa di sana ada seorang perempuan di dekat sumur yang sangat membutuhkan “air hidup” (ay.11)—dan bahwa melalui perempuan itu, pesan-Nya akan tersiar kepada yang lain (ay.39-42). —Alyson Kieda
Bagaimana Yesus menggunakan anugerah dan kebenaran untuk menunjukkan berbagai masalah dalam hidup Anda? Di bagian-bagian mana saja Dia ingin Anda berubah agar dapat lebih memuliakan-Nya?
Tuhan Yesus, terima kasih Engkau sudah membebaskan kami dari konsekuensi dosa. Tolonglah aku rela dikoreksi dan dikuatkan oleh-Mu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate