Pages - Menu

Wednesday, August 28, 2013

Jalan Keluar

Baca: 1 Korintus 10:12-13; Matius 4:1-11

[Allah] akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. —1 Korintus 10:13

Highway 77, jalan raya yang menembus kawasan Pegunungan Appalachia di Virginia Barat, memiliki serangkaian tempat perhentian darurat untuk truk yang bermasalah. Perhentian darurat ini berupa jalan yang diaspal sebagian dan terdapat di sisi jalan raya yang kecuramannya hampir 400 m dan jaraknya kurang lebih sepanjang 10 km. Jalanan yang curam ini, ditambah dengan jalur yang berliku-liku, dapat membawa masalah bagi para pengguna kendaraan bermotor—khususnya pengemudi truk.

Sebagaimana sebuah truk yang bermasalah memerlukan jalan keluar darurat dari suatu jalan raya, kita juga memerlukan “jalan keluar” ketika keinginan diri yang tak terkendali mengancam kehidupan rohani kita. Ketika kita menghadapi pencobaan, “[Allah] akan memberikan kepada [kita] jalan ke luar, sehingga [kita] dapat menanggungnya” (1Kor. 10:13). Melalui kuasa firman-Nya, Allah memampukan kita untuk berkata “tidak” pada bujukan dosa. Yesus menaklukkan godaan Iblis yang berkaitan dengan makanan, kekuasaan, dan kepercayaan dengan cara mengutip ayat-ayat dari kitab Ulangan (Mat. 4:4-10). Kitab Suci menolong Yesus melawan Iblis, meski ada pengaruh dari puasa yang dijalani-Nya selama 40 hari di padang gurun.

Ketika dicobai, kita mungkin merasakan seperti adanya malapetaka yang segera akan menghadang. Ingatan akan kegagalan di masa lalu dan pengalaman dikucilkan oleh orang lain dapat memperkuat perasaan ini. Meski demikian, kita dapat mempercayai Allah pada saat kita mengalami pencobaan, karena Dia setia. Allah akan menyediakan jalan bagi kita untuk melawan daya tarik dosa. —JBS

Ya Tuhan, tiap jam dampingi hamba-Mu;
Jikalau Kau dekat, enyah penggodaku.
Setiap jam, ya Tuhan, Dikau kuperlukan;
Kudatang Jurus’lamat, berkatilah. —Hawks/Lowry
(Kidung Jemaat, No. 457)

Jalan terbaik untuk melarikan diri dari godaan adalah dengan berlari kepada Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate