Pages - Menu

Tuesday, October 22, 2013

Gerakan Berlaku Baik

Baca: Roma 15:1-7
Marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun. —Roma 14:19
Setiap tahun para pemuda di lingkungan kami berpartisipasi dalam gerakan sosial berjudul “Be Nice” (Berlakulah Baik) yang dipelopori oleh sebuah organisasi kesehatan mental. Dalam salah satu acara mereka di tahun 2012, sekitar 6.000 orang siswa membentuk kata-kata “BE NICE” dengan gerak tubuh mereka di tengah lapangan olahraga sekolah mereka masing-masing. Salah seorang kepala sekolah mengatakan, “Kami ingin para siswa dapat datang ke sekolah dan belajar tanpa diusik perasaan takut atau sedih atau merasa tidak nyaman di sekitar teman-teman sebaya mereka. Kami bekerja keras untuk memastikan bahwa semua siswa akan mendukung satu sama lain, dan bukan saling menjatuhkan.”
Paulus merindukan agar jemaat di Roma memiliki standar kasih yang lebih tinggi lagi. Di dalam jemaat itu terdapat sikap saling menghakimi dan menghina antara orang yang imannya kuat dengan yang imannya lemah (Rm. 14:1-12). Mereka membenci satu sama lain ketika mereka memperdebatkan makanan apa saja yang boleh dimakan (ay.2-3) dan hari-hari khusus apa saja yang harus dirayakan (ay.5-6). Paulus menantang mereka: “Marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun” (ay.19). Ia mengingatkan bahwa mereka seharusnya memikirkan apa yang menyenangkan orang lain, dan bukan menyenangkan diri sendiri. Ia berkata, “Karena Kristus juga tidak mencari kesenangan-Nya sendiri” (15:3), Dia pun rela melayani.
Dengan bergabung dalam gerakan untuk mau mengasihi orang lain tanpa memandang perbedaan yang ada, Anda akan memuliakan Allah (ay.7). —AMC
Ya Tuhan, aku ingin menjadi orang yang baik dan penuh kasih
kepada sesama. Tolong aku untuk mengucapkan kata-kata
yang membangun semangat orang lain dan membawa pujian
dan kemuliaan bagi nama-Mu.
Kebaikan semata-mata adalah kasih yang mengalir keluar dalam sikap yang lemah lembut.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate