Pages - Menu

Thursday, November 14, 2013

Kedaulatan Allah

Santapan Harian
Yesaya 45:9-19

Bisa bayangkan apa reaksi umat Israel ketika Allah menyatakan akan memilih dan mengurapi Koresh untuk menyelamatkan mereka dari pembuangan? Nas hari ini dimulai dengan kata-kata "celakalah!" dan diulang pada ayat berikutnya (10). Hal ini kontras dengan nada positif yang dirasakan di ayat 1-8. Kalau begitu, mungkin sekali reaksi umat Israel terhadap rencana Allah ini justru negatif. Bagi mereka, bagaimana mungkin Allah memakai orang yang bukan Israel, yang tidak mengenal Allah untuk menjadi juru selamat mereka! Bandingkan dengan protes Habakuk saat Allah menyatakan bahwa Ia akan memakai Babel untuk menghukum umat-Nya (Hab. 1:12-17).

Kalau begitu, apa hubungan bagian ini dengan bagian sebelumnya? Bagian ini berbicara tentang hak Allah sebagai Pencipta dan Pemilik. Allah berhak mengatur ciptaan dan milik-Nya sepenuhnya dan semau-Nya. Ilustrasi yang digunakan ialah tanah liat di tangan penjunan (9), juga anak terhadap orang tua (10). Tanah liat tidak bisa mempertanyakan apalagi mengatur penjunan, bejana macam apa yang harus dibuatnya. Sebagaimana ciptaan tidak berhak untuk mempertanyakan karya sang pencipta, atau seorang anak menggugat orang tuanya mengapa melahirkannya, demikian umat Israel tidak berhak untuk menanyakan dan mempersoalkan hak Allah ketika Ia menggunakan Koresh untuk kepentingan-Nya, apalagi ujungnya untuk kepentingan mereka (11-13, 17-19). Allah juga berhak menentukan bagian yang akan diterima Koresh pada saat ia menjalankan kehendak Tuhan (14-16).

Kita belajar bahwa ternyata kedaulatan Tuhan ditujukan untuk kepentingan umat-Nya. Rencana-Nya tidak bisa dibatalkan dan selalu terbaik untuk umat-Nya. Apa yang Allah lakukan untuk umat-Nya dahulu, juga berlaku untuk umat-Nya sekarang. Oleh karena itu, jangan pernah bertanya mengapa kepada pengaturan Tuhan, sebaliknya belajar percaya dan bersandar penuh kepada-Nya. Senantiasa ingat bahwa Allah bekerja untuk kebaikan orang-orang yang mengasihi-Nya (Rm. 8:28).

Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/

__________
Santapan Harian / e-Santapan Harian
Bahan saat teduh yang diterbitkan secara teratur oleh Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA) dan diterbitkan secara elektronik oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
© 1999-2012 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi atau non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate