Pages - Menu

Monday, March 10, 2014

Menjadi Milik Pribadi

Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. —Galatia 5:16
Menjadi Milik Pribadi
Selama menjadi seorang guru dan pelatih olahraga di sebuah sekolah menengah Kristen, saya benar-benar menikmati pergaulan saya dengan para remaja. Saya pun berusaha menuntun mereka pada jalan hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus—hidup yang ditandai dengan kasih kepada Allah dan sesama. Tujuan saya adalah mempersiapkan mereka untuk hidup bagi Allah di sepanjang hidup mereka. Hal itu hanya mungkin terjadi apabila mereka menjadikan iman sebagai bagian vital dari hidup mereka oleh pertolongan Roh Kudus. Mereka yang tidak setia mengikut Kristus akan mengalami kebimbangan setelah mereka tidak lagi di bawah asuhan guru-guru dan orangtua Kristen mereka.
Hal itu digambarkan dengan jelas dalam kisah Raja Yoas dari Yehuda dan pamannya Yoyada. Sebagai seorang penasihat yang bijak, Yoyada telah mendorong Yoas untuk menjalani kehidupan yang memuliakan Allah (2Taw. 24:11,14).
Yang menjadi masalah, Yoas tidak mengikuti jalan hidup yang mulia itu atas keinginannya sendiri. Setelah Yoyada mati, Raja Yoas “meninggalkan rumah TUHAN” (ay.18) dan mulai beribadah kepada patung-patung berhala. Ia pun berubah menjadi sangat jahat sehingga ia membunuh anak Yoyada (ay.20-22).
Mempunyai seseorang dalam hidup yang dapat menuntun kita pada pertumbuhan iman dan keserupaan dengan Kristus memang merupakan hal yang baik dan berguna. Alangkah lebih baik jika kita mengenal Tuhan secara pribadi dan belajar bergantung kepada Roh Kudus sebagai penuntun kita (Gal. 5:16). Itulah yang disebut menjadikan iman sebagai milik kita pribadi. —JDB
Tuhan, terima kasih atas orang-orang dalam hidupku
yang telah mendorongku untuk mengikut Engkau. Tolonglah aku
untuk tidak bergantung kepada mereka sebagai yang terutama,
tetapi bergantung kepada Roh Kudus untuk menuntunku.
Iman orang lain dapat menguatkan kita, tetapi iman
yang diyakini secara pribadi akan mengubahkan kita.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate