Pages - Menu

Tuesday, April 12, 2016

Menolak Jebakan

Dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya. —Kejadian 4:7
Menolak Jebakan
Tanaman Venus Flytrap (Venus Pemakan Serangga) dapat mencerna seekor serangga selama lebih kurang 10 hari. Proses itu dimulai ketika seekor serangga yang tidak menaruh curiga mencium bau nektar pada dedaunan yang menjadi tempat jebakan. Sambil menyelidik, serangga pun merayap ke dalam rahang tanaman, hingga kemudian daun-daun tersebut mengatup dan menjepit dalam waktu setengah detik dan cairan pencernaan tanaman itu pun melarutkan serangga tersebut.
Tanaman pemakan serangga itu mengingatkan saya tentang cara dosa memangsa kita apabila kita terpikat ke dalamnya. Dosa hendak menguasai kita. Di Kejadian 4:7 dikatakan, “Jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau.” Allah mengatakan itu kepada Kain tepat sebelum ia membunuh saudaranya Habel.
Dosa mungkin mencoba untuk memikat kita dengan menawarkan pengalaman baru, dengan meyakinkan kita bahwa hidup benar tidaklah penting, atau dengan memikat indra-indra fisik kita. Namun ada satu cara bagi kita agar dapat berkuasa atas dosa daripada membiarkan dosa menguasai hidup kita. Alkitab mengatakan, “Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging” (Gal. 5:16). Ketika kita menghadapi cobaan, kita tidak menghadapinya sendirian. Kita memiliki bantuan ilahi. Dengan mengandalkan Roh Allah, kita menerima kekuatan untuk hidup bagi Dia dan sesama. —Jennifer Benson Schuldt
Ya Allah, kadangkala aku lengah dan begitu menikmati dosa. Tolonglah aku untuk memperhatikan peringatan-Mu dan menaati firman-Mu. Lindungilah aku dari kecenderungan hatiku sendiri dan jadikanlah aku serupa gambaran-Mu. Terima kasih untuk karya-Mu dalam hidupku.
Kita terjatuh dalam pencobaan ketika kita tidak melarikan diri darinya.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate