Pages - Menu

Sunday, December 10, 2017

Kegagalan yang Dipulihkan

Tuhan itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk. —Mazmur 145:14
Kegagalan yang Dipulihkan
Pada suatu waktu, pujian dan penyembahan di gereja kami dipimpin oleh sebuah grup musik tamu. Hasrat mereka dalam menyembah Tuhan sangat mengharukan dan jemaat dapat melihat serta ikut merasakan semangat mereka.
Kemudian para pemusik itu mengungkapkan bahwa mereka semua adalah bekas narapidana. Mengetahui hal itu membuat kami melihat makna yang baru dari puji-pujian yang mereka naikkan. Kata-kata dalam lagu pujian itu terasa begitu berarti bagi mereka. Penyembahan mereka menjadi kesaksian dari hidup yang tadinya rusak tetapi kini telah dipulihkan kembali.
Mungkin dunia lebih menghargai kisah-kisah keberhasilan. Namun, kisah-kisah tentang kegagalan masa lalu seseorang juga dapat memberikan pengharapan. Kisah-kisah kegagalan meyakinkan kita bahwa Allah tetap mengasihi kita meskipun kita telah gagal berulang kali. Pendeta Gary Inrig mengatakan bahwa apa yang kita sebut sebagai Galeri Pahlawan Iman dalam Ibrani 11 sebenarnya dapat juga diberi judul Galeri Karya Pemulihan Allah. “Hampir tidak ada seorang pun dalam pasal itu yang hidupnya bebas dari noda kegagalan,” menurut pengamatan beliau. “Namun, Allah berkarya memulihkan setiap kegagalan. . . . Itulah prinsip yang agung dari anugerah Allah.”
Saya sangat menyukai kata-kata penghiburan dalam Mazmur 145. Mazmur itu bercerita tentang “perbuatan-perbuatan [Allah] yang ajaib” (ay.5-6) dan kemuliaan kerajaan-Nya (ay.11). Pasal itu menggambarkan kasih sayang (ay.8-9) dan kesetiaan-Nya (ay.13)—kemudian langsung menyatakan kepada kita bahwa Tuhan adalah penopang bagi semua orang yang jatuh (ay.14). Seluruh sifat Allah dinyatakan-Nya ketika Dia mengangkat kita kembali. Allah memang sanggup memulihkan kita.
Pernahkah kamu gagal? Tentu kita semua pernah gagal. Namun, sudahkah kamu dipulihkan oleh-Nya? Hidup setiap orang yang sudah diselamatkan Allah merupakan kisah anugerah-Nya. —Leslie Koh
Setiap kisah kegagalan kita dapat menjadi kisah anugerah Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate