Pages - Menu

Friday, November 2, 2018

Menangkap Rubah

Tangkaplah bagi kami rubah-rubah itu, rubah-rubah yang kecil, yang merusak kebun-kebun anggur. —Kidung Agung 2:15
Menangkap Rubah
Saat berbicara di telepon dengan seorang teman yang tinggal di tepi laut, saya sempat senang mendengar suara burung camar. “Hewan yang jahat,” kata teman saya, karena baginya burung camar membahayakan dirinya setiap hari. Sebagai warga London, saya juga mempunyai perasaan yang sama terhadap rubah. Saya merasa rubah bukan binatang yang lucu, tetapi makhluk yang suka berkeliaran dan meninggalkan kotoran berbau di mana-mana.
Rubah muncul dalam Kidung Agung, kitab puisi dalam Perjanjian Lama yang mengungkapkan cinta antara suami dan istri, serta mengungkapkan juga kasih antara Allah dan umat-Nya, seperti diyakini oleh sejumlah penafsir Alkitab. Sang mempelai perempuan memperingatkan tentang rubah-rubah kecil dan meminta mempelai laki-laki untuk menangkapnya (2:15). Rubah yang lapar dapat merusak tanaman anggur mereka yang rentan. Mempelai perempuan yang menanti-nantikan hidup bersama dalam pernikahan itu tidak ingin ada hewan liar yang mengganggu ikatan cinta mereka.
Bagaimana “rubah-rubah” dapat mengganggu hubungan kita dengan Allah? Bagi saya, ketika menuruti terlalu banyak permintaan, saya cenderung menjadi kewalahan dan mudah tersinggung. Selain itu, ketika melihat terjadinya konflik, saya bisa jatuh pada sikap putus asa atau marah. Ketika saya meminta Allah untuk membatasi dampak dari “rubah-rubah” tersebut—masalah-masalah yang saya biarkan masuk atau menyelinap ke dalam hidup saya—saya makin mempercayai dan mengasihi Allah sekaligus merasakan kehadiran dan pimpinan-Nya yang penuh kasih.
Bagaimana denganmu? Bagaimana caramu mencari pertolongan Allah untuk menyingkirkan segala sesuatu yang menjauhkanmu dari Dia? —Amy Boucher Pye
Tuhan Allah, Engkau kuat dan Engkau baik. Peliharalah hubunganku dengan-Mu, dengan menjauhkan apa saja yang membuatku mengalihkan pandanganku dari-Mu.
Allah sanggup memelihara hubungan kita dengan-Nya.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate