Pages - Menu

Monday, February 18, 2019

Berdoa dan Bertumbuh

Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. —Kolose 3:17
Berdoa dan Bertumbuh
Ketika istrinya mengidap penyakit Alzheimer, kawan saya David sangat bergumul dengan berbagai perubahan yang harus dijalaninya. Ia harus pensiun dini, dan ketika penyakit itu semakin parah, istrinya memerlukan perhatian yang lebih besar.
“Aku sangat marah kepada Allah,” katanya kepada saya. “Namun, semakin sering aku mendoakannya, semakin Allah membukakan hatiku dan menunjukkan betapa egoisnya aku dalam pernikahan kami selama ini.” Air matanya berlinang saat ia berkata, “Sudah sepuluh tahun istriku sakit, tetapi Allah menolongku untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Sekarang, aku merawatnya karena cintaku padanya dan karena aku mengasihi Yesus. Merawat istriku adalah kehormatan terbesar dalam hidupku.”
Kadang, Allah bukan menjawab doa-doa kita dengan memberikan apa yang kita inginkan, melainkan dengan menantang kita untuk berubah. Ketika Nabi Yunus marah karena Allah menyelamatkan kota Niniwe yang jahat dari kehancuran, Allah menumbuhkan pohon jarak untuk menaungi Yunus dari terik matahari (Yun. 4:6). Lalu, Tuhan membuat pohon jarak itu layu. Saat Yunus mengeluh, Allah menjawab, “Layakkah engkau marah karena pohon jarak itu?” (ay.7-9). Yunus yang hanya mementingkan dirinya tetap berusaha membenarkan diri. Namun, Allah menantangnya untuk memikirkan orang lain dan mempunyai belas kasihan.
Adakalanya, Allah memakai doa kita dengan cara tak terduga untuk membuat kita belajar dan bertumbuh. Bukalah hati untuk perubahan itu karena Allah ingin mengubah kita dengan kasih-Nya. —James Banks
Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau menolongku bertumbuh saat aku berdoa. Tolong aku untuk mengenali kehendak-Mu atas hidupku hari ini.
Allah membuat kita bertumbuh ketika kita menyediakan waktu untuk bersekutu dengan-Nya.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate