Pages - Menu

Sunday, June 9, 2019

Doa Abby

Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang. —1 Timotius 2:1
Doa Abby
Saat duduk di kelas 2 SMA, Abby mendengar berita tentang seorang pemuda yang terluka parah karena mengalami kecelakaan pesawat—kecelakaan yang merenggut nyawa ayah dan ibu tirinya. Meski tidak mengenal pemuda itu, tetapi ibu Abby berkata, “Kita harus mendoakan anak muda itu dan keluarganya.” Mereka pun berdoa.
Beberapa tahun berlalu, dan suatu hari Abby memasuki kelas di kampusnya. Seorang mahasiswa menawarkan tempat duduk di sebelahnya kepada Abby. Nama mahasiswa itu Austin Hatch, dan ternyata ia adalah korban kecelakaan pesawat yang pernah Abby doakan. Tak lama kemudian, mereka menjalin hubungan serius lalu menikah di tahun 2018. “Rasanya sulit dipercaya, tetapi aku tidak pernah terpikir telah mendoakan seseorang yang kelak jadi suamiku,” kata Abby dalam sebuah wawancara menjelang pernikahannya.
Kita cenderung berdoa untuk kebutuhan pribadi dan orang-orang terdekat saja, tetapi lalai menyediakan waktu untuk berdoa bagi orang lain. Namun, dalam surat kepada jemaat Efesus, Rasul Paulus berkata, “Lakukanlah semuanya itu sambil berdoa untuk minta pertolongan dari Allah. Pada setiap kesempatan, berdoalah sebagaimana Roh Allah memimpin kalian. Hendaklah kalian selalu siaga dan jangan menyerah. Berdoalah selalu untuk semua umat Allah” (Ef. 6:18 BIS). 1 Timotius 2:1 juga menasihatkan, “Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,” termasuk para pemimpin.
Mari berdoa untuk orang lain, termasuk mereka yang tidak kita kenal. Itulah salah satu cara kita untuk “saling membantu menanggung beban” (Gal. 6:2 bis). —Dave Branon
WAWASAN
Tak seperti banyak surat Paulus yang lain, surat Efesus bukan ditujukan untuk mengatasi ajaran sesat tertentu melainkan justru menekankan kerinduan Paulus agar jemaat Efesus menangkap panggilan Allah bagi gereja (1:18-23; 3:16-19). Lewat kesatuan dengan Kristus melalui Roh Kudus, orang percaya didamaikan dengan Allah dan sesama (2:14-19). Inilah kesatuan ajaib yang menggambarkan kesatuan yang sedang Allah kerjakan dalam Kristus atas “segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi” (1:10; lihat 4:13). Namun, setia kepada panggilan yang sangat berlawanan dengan kebudayaan dunia ini tidak bisa dilakukan begitu saja, maka Paulus berulang kali mendorong umat percaya untuk semakin berakar dalam kasih Kristus (3:16-19) supaya mereka tidak terpengaruh oleh gaya hidup yang merusak di sekeliling mereka (6:17-19). Agar dapat sungguh-sungguh menjadi saksi bagi kekuasaan Allah dengan keberanian dan kedisiplinan layaknya seorang prajurit, gereja harus memupuk gaya hidup yang adil, membawa damai, dan berkomitmen teguh pada kebenaran melalui kuasa Roh Kristus (6:10-18). —Monica Brands
Siapa saja yang perlu kamu doakan hari ini, termasuk mereka yang tidak kamu kenal secara pribadi? Ambillah waktu untuk membawa kebutuhan mereka kepada Allah.
Tuhan Yesus, bukalah hatiku agar aku melihat kebutuhan orang-orang di sekitarku, termasuk yang tidak kukenal. Pakailah kepedulianku dan bertindaklah bagi mereka, karena hanya Engkau yang sanggup.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate