Pages - Menu

Sunday, May 3, 2020

Allah yang Melihat

Kamu akan mengalami, bahwa dosamu itu akan menimpa kamu. —Bilangan 32:23
Allah yang Melihat
“Oh, tidak!” Terdengar teriakan istri saya saat ia memasuki dapur. Di saat yang sama, Max, anjing Labrador kami yang berbobot empat puluh kilogram, melesat keluar ruangan.
Hilang sudah kaki domba yang tadinya diletakkan dekat ujung meja. Max sudah memakan habis kaki domba tersebut sehingga yang tersisa wadah kosongnya saja. Ia berusaha bersembunyi di bawah tempat tidur. Namun, hanya kepala dan bahunya yang bisa masuk. Pantat dan ekornya yang mencuat keluar membuatnya langsung ketahuan waktu saya mencarinya.
“Oh, Max,” gumam saya. “Kamu tidak bisa lari dari kesalahanmu.” Musa juga pernah menyatakan hal serupa ketika ia menasihati dua suku Israel agar patuh kepada Allah dan menepati janji mereka. Ia berkata kepada mereka: “Tetapi jika kamu tidak berbuat demikian, sesungguhnya kamu berdosa kepada Tuhan, dan kamu akan mengalami, bahwa dosamu itu akan menimpa kamu” (Bil. 32:23).
Dosa bisa saja terasa enak untuk sesaat, tetapi pada akhirnya itu akan membawa penderitaan luar biasa, karena dosa memisahkan kita dari Allah. Musa mengingatkan bangsanya bahwa tidak ada satu hal pun yang terlewatkan oleh Allah. Alkitab mencatat, “Segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab” (Ibr. 4:13).
Walau melihat segalanya, Allah kita yang kudus masih menarik kita dengan kasih-Nya agar kita mau mengakui dosa kita, bertobat (berpaling darinya), dan berjalan dalam kebenaran bersama-Nya (1 Yoh. 1:9). Kiranya hari ini kita rela mengikut Dia karena kita mengasihi-Nya. —James Banks
WAWASAN
Kedua kata berdosa dan dosa dalam Bilangan 32:23 berasal dari akar kata Ibrani yang sama, yaitu chata’. Arti dari kata tersebut antara lain adalah “salah jalan”, “luput”, atau “meleset”. Meskipun banyak sekali digunakan dalam Perjanjian Lama, kata ini adalah salah satu dari beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan dosa dan kejahatan. Pertama kalinya kata dosa muncul di dalam Alkitab (Kej. 4:7) merupakan terjemahan dari kata Ibrani ini: “Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu.” —Arthur Jackson
Allah melihat segala sesuatu yang kita lakukan tetapi masih mengasihi kita. Bagaimana kebenaran ini dapat mendorongmu untuk berpaling dari dosa? Cara-cara praktis apa yang dapat kamu lakukan untuk merespons kasih-Nya hari ini?
Terima kasih, ya Allah, karena Engkau “telah melihat aku” (Kej. 16:13). Aku memuji-Mu, karena sekalipun Engkau melihat yang baik dan buruk, Engkau mengutus Anak-Mu untuk menyelamatkanku. Mampukan aku berjalan dalam ketaatan dan kasih kepada-Mu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate