Pages - Menu

Wednesday, August 19, 2020

Cukup Percaya

 

Maka perempuan itu dan dia serta anak perempuan itu mendapat makan beberapa waktu lamanya. —1 Raja-raja 17:15

Cukup Percaya

Tiga ratus anak sudah berpakaian rapi dan duduk untuk sarapan pagi, lalu suatu doa syukur dipanjatkan atas makanan mereka. Namun, anehnya, tidak ada makanan apa pun yang terhidang di atas meja! Situasi itu sudah biasa bagi George Mueller (1805–1898), sang pemimpin panti asuhan sekaligus seorang misionaris. Lagi-lagi inilah kesempatan untuk melihat bagaimana Allah akan mencukupkan kebutuhan mereka. Beberapa menit setelah Mueller selesai berdoa, tiba-tiba datanglah seorang tukang roti yang sepanjang malam kemarin tidak bisa tidur. Karena merasa bahwa panti asuhan itu membutuhkan roti, ia pun membuat tiga tumpuk roti. Tak lama kemudian, tukang susu muncul. Keretanya rusak tepat di depan panti asuhan. Karena tidak ingin susu yang dibawanya menjadi basi, ia pun menawarkannya kepada Mueller.

Memang wajar kita sesekali merasa cemas, khawatir, dan mengasihani diri sendiri ketika kita kekurangan hal-hal yang sangat penting bagi kesejahteraan diri kita—makanan, tempat tinggal, kesehatan, keuangan, persahabatan. 1 Raja-Raja 17:8-16 mengingatkan kita bahwa pertolongan Allah dapat datang melalui sumber yang sama sekali tidak disangka-sangka, seperti seorang janda miskin. Janda itu berkata, “Sesungguhnya tidak ada roti padaku sedikitpun, kecuali segenggam tepung dalam tempayan dan sedikit minyak dalam buli-buli” (ay.12). Sebelumnya, Allah mengirimkan burung-burung gagak untuk memberi makan Elia (ay.4-6). Sungguh melegakan ketika kita dapat melihat dengan jelas bahwa Allah adalah Pemelihara yang berjanji memenuhi segala kebutuhan kita. Sebelum mencari jalan keluar, carilah Dia terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan energi, serta terbebas dari rasa frustrasi.—Arthur Jackson

WAWASAN
Sebuah bagian menarik dari kisah ini adalah perbedaan antara apa yang Allah katakan kepada Elia dan tanggapan awal si janda. Allah berkata Dia telah “memerintahkan” seorang janda untuk menyediakan makanan bagi Elia (1 Raja-Raja 17:9). Namun, ketika Elia meminta roti kepada janda itu, si janda menjawab bahwa ia tidak punya cukup simpanan roti. Ia bahkan bersumpah “demi TUHAN, Allahmu” (ay.12)—mengacu langsung kepada Dia yang memberikan perintah kepadanya. Memang umum seseorang bersumpah atas nama dewa tertentu untuk membuktikan kebenaran perkataannya—dalam kasus ini perempuan itu melakukannya untuk menyatakan bahwa ia memang tidak punya cukup makanan untuk Elia. Walaupun ingat pada perintah itu (ia mengatakannya sendiri), si janda baru taat setelah Elia meyakinkannya bahwa Allah akan menyediakan makanan bagi mereka sampai musim kelaparan usai.—J.R. Hudberg

Apa yang terjadi ketika kamu pernah lebih berfokus mencari solusi daripada mencari Sang Pemelihara dalam doa? Kebutuhan apa saja yang saat ini ingin kamu bawa dalam doa kepada-Nya?

Ya Bapa, pertajamlah penglihatanku akan Engkau sebagai Pemelihara segala kebutuhanku. Ampunilah aku yang berulang kali sia-sia mencari jalanku sendiri, tanpa mencari Engkau terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate