Pages - Menu

Sunday, August 11, 2013

Saya . . . Uh . . . Minta Maaf

Baca: Mazmur 51:3-19

Hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! —Mazmur 51:3-4

Media pemberitaan biasanya sangat cepat melaporkan secara terperinci kesalahan tokoh-tokoh terkenal yang kemudian disusul dengan pengakuan mereka. Mungkin tokoh itu adalah seorang atlet yang tertangkap menyetir dalam keadaan mabuk. Atau mungkin seorang politisi yang tertangkap berselingkuh. Memang hanya Allah yang mengenal isi hati mereka, tetapi ketika kita mendengar suatu pengakuan yang diucapkan dengan terbata-bata, “Saya . . . uh . . . minta maaf,” kita mungkin bertanya-tanya apakah mereka betul-betul bertobat atau hanya menyesal karena terpergok.

Ketika membaca pengakuan Raja Daud, kita melihat adanya suatu penyesalan yang sungguh-sungguh. Sang raja yang telah menanggung aib akibat dosa-dosa keji yang sengaja disembunyikannya (2Sam. 12:1-13; Mzm. 32:3-5) kini memohon ampun, dan Daud mengungkapkan pengakuan dosanya di depan umum dalam Mazmur 51.

Daud mengakui bahwa dosanya adalah penghinaan terhadap Allah—bukan hanya terhadap sesamanya—dan hanya Allah yang pantas menghukumnya (Mzm. 51:3-8). Daud menyadari bahwa ia harus ditahirkan Allah (ay.9-12), dan ia mensyukuri pemulihannya melalui pelayanan dan penyembahan (ay.13-19).

Kita semua telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Ketika merasakan beratnya beban dosa yang menekan kita, kita dianugerahi kesempatan untuk mengakui dosa dan menerima pengampunan (1Yoh. 1:9) untuk mengangkat kita kembali. Demikianlah Allah kita yang agung, yang mengubahkan dosa-dosa kita menjadi suatu kesempatan untuk bertumbuh dalam anugerah, kuasa dan kasih-Nya! —JDB

Ya Tuhan, beriku kerendahan hati dan keberanian
untuk mengakui dosa-dosaku di hadapan-Mu dan orang lain.
Terima kasih untuk janji-Mu untuk tetap setia
mengampuni dosa-dosaku dan menyucikanku.

Mengakui dosa berarti setuju dengan pandangan Allah terhadap dosa kita.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate