Pages - Menu

Sunday, February 2, 2014

Diperlukan Panduan

Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13
Diperlukan Panduan
Gereja St. Nicholas di Galway, Irlandia, tidak saja memiliki sejarah yang panjang tetapi juga masih berfungsi sampai sekarang. Gereja tertua di Irlandia ini hingga kini masih memberikan panduan dengan cara yang sangat praktis. Bangunan gereja ini menjulang tinggi dengan megah, dan menaranya dimanfaatkan oleh para nakhoda kapal sebagai panduan untuk menunjukkan arah jalan supaya mereka dapat tiba dengan selamat di Teluk Galway. Selama berabad-abad, gereja ini telah menjadi andalan para pelaut untuk mengetahui arah jalan pulang bagi mereka.
Tentulah kita semua merasakan kebutuhan yang sama untuk menerima panduan. Yesus bahkan membahas tentang kebutuhan ini dalam pengajaran-Nya di ruang atas tempat perjamuan terakhir diadakan. Dia mengatakan bahwa setelah kepergian-Nya, Roh Kudus akan memainkan peran penting dalam kehidupan orang percaya. Dalam peran-Nya itu, Yesus berjanji, “Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” (Yoh. 16:13).
Alangkah luar biasanya pertolongan itu! Di tengah dunia yang penuh dengan kesesatan dan ketakutan, acap kali kita memang membutuhkan panduan. Kita begitu rentan diarahkan ke jalan yang salah oleh budaya yang beredar di sekitar kita atau oleh sifat dosa dalam diri kita (1Yoh. 2:15-17). Namun Roh Allah hadir untuk menolong, mengarahkan, dan memandu kita. Betapa kita bersyukur karena Roh Kebenaran telah datang untuk memberi kita panduan yang sering kali begitu kita butuhkan. Arahkan hidup Anda untuk mengikuti panduan-Nya, dan Anda pun akan selamat sampai tujuan. —WEC
Tuntun aku, Tuhan Allah,
Lewat gurun dunia.
Kau perkasa dan setia;
Bimbing aku yang lemah. —Williams
(Kidung Jemaat, No. 412)
Roh Kudus adalah Pemandu yang dapat diandalkan untuk menghadapi segala keadaan dalam hidup ini.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate